LAKIP Komitmen Pemerintah Pusat Untuk Pemerintahan Bersih

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Penilaian Dokumen Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) 2016. Komitmen pemerintah pusat untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, transparan, dan profesional ternyata bukan sekadar wacana. Pemerintah Daerah Lampung Utara, yang terbukti mendapatkan Peringkat C, dengan.prestasi yang tercermin dalam LAKIP 2016.
” Secara bertahap peringkat penilaian LAKIP di Lampura terus mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya peringkat C atas penilaian Dokumen LAKIP Pemkab Lampura tahun 2016. Hasil evaluasi LAKIP diterima awal Februari 2017 lalu,’’terang Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Sekretariat Pemkab Lampura, Wahyuni Nur Samad, kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya beberapa hari lalu.

LAKIP Lampura tahun 2016, sebenarnya punya grade nilai yang sama dengan capaian tahun 2016, yaitu C. Namun dari poin penilaian, pada tahun 2016 ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya menjadi 31,58.”Lampura sekarang urutan keempat se Provinsi Lampung,” ujar Wahyuni.

Nilai akuntabilitas kinerja yang baik lanjut wahyuni, hanya bisa diraih apabila dalam menyusun laporan sesuai kaidah serta ketentuan yang diisyaratkan. Aturan teknis yang menjadi pedoman dalam penyusunan dokumen LAKIP ini ialah Peraturan MenPAN-RB Nomor 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
Sedangkan dasar hukum dan pedoman untuk penyusunan LAKIP yaitu PermenPAN-RB tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.”Capaian ini tentu menjadi motivasi bagi jajaran Pemkab Lampura untuk terus melakukan penyempurnaan agar setiap tahun bisa meningkat. Tentunya tak lepas dari peran seluruh SKPD yang harus terus bersinergi. Untuk tahun ini, kami sedang mempelajari aturan terbaru mengenai pedoman penyusunan ini,” Jelasnya,(efry)’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com