KPU Tanggamus Terima Dokumen 2 Parpol

Bagikan
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus mulai melakukan penerimaan dokumen persyaratan partai politik calon peserta pemilu hingga 16 Oktober 2017, kemarin (9/10).

Terdapat dua partai politik (Parpol) yang telah melakukan penyerahan berkas persyaratan, kedua parpol tersebut antara lain Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Penyerahan dilakukan di kantor KPU setempat.

Divisi Hukum KPU Tanggamus Zulwani SH, MH., menjelaskan bahwa syarat dan ketentuan harus dipenuhi oleh partai politik (parpol), hal ini dikarenakan adanya regulasi atau aturan perundangan yang berlaku.

“Sudah kami terima berkasnya, ada ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi, hal ini terkait regulasi atau aturan undang-undang (UU). Walaupun ada kekurangan berkas, kami sarankan untuk segera dilengkapi, karena jika tidak akan menjadi kendala kedepannya,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa kedua partai yang telah menyerahkan berkas persyaratan, yakni Perindo dan PAN, diakuinya masih belum terlengkapi.

“Untuk Partai Perindo, masih kurang 14 kartu tanda anggota (KTA) yang harus dilengkapi dan kelebihan KTA sebanyak 6 softcopy harus dikurangi. Kami juga memberikan apresiasi kepada Partai Perindo, karena di hari awal telah melakukan penyerahan dokumen persyaratan,” ucapnya.

Sedangkan untuk PAN, lanjut dia, berkas juga masih harus dilengkapi, kekurangannya hanya terdapat pada 2 KTA yang belum terpenuhi. “Sebenernya hanya masalah teknis saja, secara keseluruhan sudah tercukupi,” kata dia.

Zulwani berharap, berkas yang tidak memenuhi syarat harus segera diperbaiki dan dipenuhi, karena merupakan syarat untuk seleksi selanjutnya. “Pengembalian Bisa lewat Liaison Officer (LO) karena sifatnya hanya melengkapi, harus ada surat mandat kepada LO sebagai legalitas dasar hukum,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Perindo Binna Panduwinata mengatakan, ia bersama pengurus mengucapkan terima kasih kepada komisioner KPU Tanggamus. Diakuinya kekurangan berkas akan segera dilengkapi, jumlah total keanggotaan Partai Perindo sendiri sebanyak 1167 anggota dan sekitar 1159 yang memiliki KTA.

“Kami ucapkan terimakasih kepada KPU, Sejauh ini kita berusaha untuk melengkapi persyaratan, ada 8 kekurangan KTA yang tersebar di 8 kecamatan, dan kekurangan lainnya akan dilengkapi dan diserahkan besok lewat LO kami,” paparnya.

Saat yang sama, Ketua DPD PAN Tanggamus Tedy Kurniawan menjelaskan, kekurangan berkas terjadi karena data yang masuk belum ter-entry secara menyeluruh. “Data ada di DPW dan masih belum turun ke DPD. Jadi hanya menunggu data yang masuk saja. Kekurangan ada pada SK 5 pengurus dan 1167 KTA yang segera akan kita lengkapi,” pungkasnya. (sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com