Klasterisasi Pengembangan Pepaya California di Tanggamus

Bagikan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotaagung ( HS ), – Bertempat di Taman Wisata Muara Indah Kotaagung kabupaten Tanggamus, PT. Permodalan Nasional Madani ( Persero ) ULaMM Kota Agung melaksanakan Pelatihan ke empat sekaligus penutupan dengan Tema ” Teknik penanaman yang meliputi pemilihan bibit yang baik, proses penanggulangan masalah tanaman sampai dengan menghasilkan buah yang baik “. Kegiatan pelatihan pertama diikuti 94 peserta dan pelatihan ke dua dan tiga dikuti 49 peserta. Pelatihan ke empat Klasterisasi pepaya Calipornia dilaksanakan pada kamis 12 juli 2018.

Acara kegiatan pelatihan PNM dihadir Kadis DPTPH Soni Isnaini, Perwakilan DISPAR Mario A.Pradita, Kabid UMKM Harun Hauhari dan Camat Kota Agung Pusat Syarif Zulkarnain beserta staff.

Tamu internal PNM Andi Irnawaty, Kepala Bagian Divisi Pengembangan kapasitas Usaha kantor Pusat dan staf, Deden Yoga Nugraha, Doni kurniawan dan Dona Wahyudi selaku Kepala kantor ULaMM cabang Lampung.

Dalam kesempatan ini Kadis DPTPH Soni Isnaini menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik dan sangat membantu petani, pedagang kecil dalam pembiayaan sehingga masyarakat dapat berusaha dengan tenang,” Kita dukung kegiatan PNM ini khususnya memberikan pelatihan kepada petani dalam berusaha dan bantuan pembiayaan,” ujar Soni.

Pemanfaatan batang dan daun pepaya California menjadi mikroorganisme lokal ( MOL ), pupuk dan pakan ternak sementara buah pepaya diolah menjadi donat pepaya sangat bermanfaat bagi petani pepaya California dalam memanfaatkan hasil perkebunannya,” papar Soni.

Mario A.Pradita mewakili kadis Pariwisata Retno Noviana menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan PNM ini di Taman Wisata Muara Indah Kota Agung,” smoga kegiatan baik event swasta dan pemerintah dapat dilaksanakan di sini,” ujar Mario. (Sul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com