Kabupaten Tanggamus Akan Gelar Festival Teluk Semaka 2018

Bagikan
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotaagung (HS) – Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Melalui dinas Pariwisata akan menggelar Festival Teluk Semaka 2018. Yang akan diadakan di Lokasi Wisata Air terjun Waylalaan Kota agung Timur, pada tanggal 12 bulan September 2018 mendatang.

Menurut Kadis Pariwisata Kabupaten Tanggamus  Retno Noviana Damayanti mengatakan,
Festival teluk Semaka 2018 dilaksanakan untuk memperkenalkan destinasi wisata di kabupaten Tanggamus. Selain itu juga dapat menarik wisatawan berkunjung ke daerah ini.

“Dengan harapan dapat meningkatkan citra kabupaten Tanggamus, di tingkat nasional hingga ke tingkat internasional,”ujarnya Retno saat di temui di ruang kerjanya. Kamis (23/8/2018).

Selain Festival teluk semaka, sekaligus Lounchinh wajah baru Air Terjun Waylalaan yang telah direnovasi dan dipercantik dengan diperkenalkan motif has belah ketupat yang merupakan binaan ekonomi kreatif dinas Pariwisata. Bukan hanya itu saja
Dinas Pariwisata akan menampilkan berbagai macam kegiatan suguhan dalam rangkayan tersebut.

Rangkaian yang akan di suguhkan salah satunya, Sendratari Pelangi Tanggamus,  yang menceritakan mitos atau legenda history dari air terjun Waylalaan. Tari ini menggunakan selendang yang berwarna-warni sebagai atributnya, dan yang dimaksud pelangi adalah keragaman budaya, suku, masyarakat, keindahan budaya dan wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Selain itu juga ada Gelaran budaya, ini merupakan tampilan seni dan kebudayaan dari paguyuban atau sanggar seni yang ada di Kabupaten Tanggamus di panggung utama dengan durasi 5 menit per Group.

Rangkaian Festival Teluk Semaka

Kampung wisata Desa.

Kampung wisata desa berbentuk booth/stand yang di desain menarik yang merupakan wadah untuk mempromosikan wisata unggulan yang ada di Kabupaten Tanggamus. Yang dikelola oleh kelompok sadar wisata pokdarwis yang dapat menampilkan paket wisata lengkap di destinasi masing-masing. Sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. selain itu pokdarwis juga dapat menampilkan produk unggulan mereka dapat berbentuk olahan makanan ataupun suvenir/handycrat.

Tour teluk semaka.

Kegiatan mengunjungi objek wisata yaitu pantai-pantai yang ada di pesisir Teluk semaka melibatkan blogger fotografer pemilik akun medsos di Lampung. kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan objek wisata yang ada kepada masyarakat melalui teknik Digital marketing.

Focus groub Discusission (FGD) Ramah tamah/sarasehan. Kegiatan ini merupakan diskusi terfokus antara pemerintah atau Dinas Pariwisata provinsi atau Dinas Pariwisata Tanggamus bersama para blogger fotografer stakeholder pariwisata (HP, Phri, Asita dan lain-lain).

Untuk membahas masalah pariwisata Tanggamus dalam suasana Imformal dan santai, di adakan di Taman Wisata Muara Indah sekaligus menjadikan ajang promosi keindahan Muara Indah di waktu malam ke para blogger dan fotografer dan menaikkan kunjungan wisata.

Festival Kuliner. Menggunakan tagline atau jargon “Negeri Seribu otak-otak yang merupakan kuliner unggulan khas Kabupaten Tanggamus. Para pemilik usaha otak-otak akan disiapkan gerai atau tempat untuk proses pembuatan otak-otak dimulai dari bahan mentah pembungkusan dan pembakaran otak-otak. Di sini para pengunjung bisa melihat proses pembuatannya secara langsung dan dapat langsung mencicipi otak-otak yang masih fresh. Pengunjung juga dapat membeli otak-otak sebagai buah tangan oleh-oleh.

Lomba selfi.

Lomba ini terbuka untuk umum dengan latar belakang lokasi destinasti wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus menggunakan hashtag #Festival teluk semaka 2018 yang di upload satu akun mensos resmi dinas Pariwisata Tanggamus.

“Semoga dalam rangkayan Festival teluk semaka 2018 nanti yang akan di gelar pada bulan september pada hari rabu tanggal 12, harapannya kami dapat partisipasi dan peran masyarakat untuk ikut serta memeriahkan acara ini,” Pungkasnya Retno. (Sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com