Hati-Hati dengan Piring Anda! Ada Apa?

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hello Sehat dan sebuah studi dari Kaohsiung Medical University di Taiwan meneliti tentang penggunaan jenis piring melamin pada 12 responden yang berusia 20 tahunan. Penelitian tersebut berfokus pada subjek yang diminta untuk menyantap makanan panas di piring melamin dibandingkan dengan piring keramik. Hasilnya? Setelah 3 (tiga) minggu, responden yang memakan makanan dari jenis piring melamin lebih banyak menghasilkan 8.35 mikrogram urin.

Dari studi di atas dapat disimpulkan bahwa jenis piring memang sangat berpengaruh untuk kualitas kesehatanmu. Lalu, apa penyebab yang paling berbahaya jika kamu salah dalam memilih jenis piring untuk keluargamu? dekoruma.com mengurai.

Penyakit Berbahaya Jangka Panjang

Dampak yang paling berbahaya adalah penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh kesalahan menggunakan jenis piring. Contohnya, seperti demam, asma, bronkitis, muntah, kanker bahkan sampai dengan merusak kinerja reproduksi. Memang, penyakit tersebut tidak langsung menjangkitmu dalam waktu singkat tetapi seiring berjalannya waktu. Jika kamu tetap menggunakan jenis piring dengan kandungan melamin, itu akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Jenis Piring Melamin

zak.com

Sesak Nafas dan Kesulitan Buang Air Besar

Tidak hanya penyakit jangka panjang, tapi kesalahan pemilihan jenis piring juga dapat memicu penyakit yang sebenarnya dekat dengan kamu. Pernahkah kamu merasakan sesak nafas yang berkepanjangan? Atau kesulitan buang air besar yang tidak wajar? Jika iya, bisa jadi penyebabnya dari jenis piring yang kamu gunakan setiap harinya. Coba pilih peralatan makan dan juga jenis piring yang aman seperti yang terbuat dari keramik dan hindari makanan panas yang ditaruh di piring plastik atau melamin. Selain itu, kamu juga harus memilih tempat penyimpanan dapur dari bahan yang aman untuk kesehatan.

Kacaunya Sistem Kekebalan Tubuh

Seiring berjalannya waktu, kesalahan yang ditimbulkan dari penggunaan jenis piring juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Kamu pun jadi lebih mudah sakit serta mengalami penurunan antibodi yang cukup sering dibandingkan biasanya. Hal ini juga dapat mengganggu organ yang bekerja di dalam tubuhmu.

Nah, sebelum kamu menyesal karena selama ini memakai jenis piring yang berbahaya untuk kesehatan keluarga. Yuk, ketahui terlebih dahulu bahan dan jenis piring yang tidak dianjurkan untuk digunakan:

Jenis Piring dengan Bahan Melamin

Bahan melamin memang merupakan jenis piring yang paling berbahaya bagi kesehatan. Piring melamin mengandung zat kecil seperti formaldehida yang berbahaya jika terserap oleh tubuh. Lalu, bagaimana seandainya kamu sudah punya koleksi jenis piring melamin di rumahmu? Tenang saja! Jenis piring melamin dapat digunakan jika dalam keadaan dingin dan tidak ditaruh makanan yang panas. Bayangkan, jika zat melamin yang terhirup dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan serta kerusakan hati.

Jenis Piring Melamin

is.alicdn.com

Jenis Piring Plastik

Selain jenis piring berbahan melamin, piring yang mengandung bahan plastik juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Adanya kandungan BPA adalah satu bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik menjadi bening. Coba bayangkan jika jenis piring yang dipilih untuk keluargamu mengandung senyawa BPA yang bisa larut dalam makanan atau minuman panas? Reaksi berbahaya seperti cacat janin ataupun  kanker bisa masuk ke dalam tubuh keluargamu lho.

Jenis Piring Plastikae01.alicdn.com

Selanjutnya

PIRING TIMBAL ….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com