Desa Sumber Arum Kotabumi Gelar Pelatihan Budidaya Lebah Madu

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KOTABUMI (HS) – Tim ahli lebah dari Apiari Pramuka Lampung, gelar pelatihan kembangkan budidaya Lebah Madu, pelatihan yang diminta Kepala Desa Sumber Arum Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara,yang ingin mewujudkan masyarakat mandiri dan berdaya saing. Rabu (18/12/19)

Hadir saat itu, Camat Kotabumi, Nujum Masya, Kepala Desa Sumber Arum, Bintoro, Pendamping Desa, Tim ahli lebah dari Apiari Pramuka Lampung, serta puluhan warga setempat yang nantinya akan mengikuti pelatihan budidaya Lebah.

Saat dikonfirmasi, Ketua Apiari Pramuka Lampung, Sudarto, yang diwakili Mulyono.S.Pd, menjelaskan, nantinya mereka akan memaparkan secara teknis pembuatan sarang (kotak) lebah yang baik, teknis ternak lebah, pengambilan madu lebah, hingga produksi menghasilkan rupiah.

“Kita disini akan memberikan pemaparan teknis tentang budidaya Lebah. Mulai dari awal hingga akhir panen nanti. Nanti kita akan praktekkan.” ujar Mulyono, kepada wartawan, rabu 18 Desember 2019.

Masih kata dia, dari lebah ini terdapat tujuh produk yang dapat dimanfaatkan, yaitu propolis, royal jeli, polen (tepung sari bunga), lilin, madu, anakan (bruts) dan serum sengat. Dimana ketujuh produk ini dapat dimanfaatkan. “Sebagai contoh dengan adanya madu di rumah dapat dimanfaatkan untuk luka bakar, luka ringan, cukup dengan oleskan madu bisa sembuh. Lalu dengan sengatan madu itu bisa mengurangi gejala stroke serta obat diabetes.” katanya.

Diketahui tim Apiari akan memaparkan selama tiga hari di desa setempat, dan akan dikenalkan dengan beberapa jenis lebah antaranya, Apis (lebah) Trigona, Cerana, Meliffera, Dorsata yang diketahui sebagai asli lebah lampung atau lebah odeng atau Gung.

“Kedepan dengan masyarakat mampu produksi madu otomatis akan meningkatkan ekonomi masyarakat, dengan menjual madu, dan tentunya akan cinta terhadap lingkungan.” ucapnya.

Ditempat yang sama Kades Bintoro, berharap agar masyarakat bisa menjadikan ilmu pengetahuan ini sebagai sumber penghasilan masyarakat dan juga desa. “Ini merupakan pekerjaan sampingan warga kita, tentu kita harapkan dapat membantu perekonomian mereka.” ujar Bintoro, Kades Sumber Arum.

Kadespun mengatakan, kegiatan ini di anggaran melalui dana desa (DD) untuk itu jika dapat berkelanjutan maka akan dapat pula meningkatkan kegiatan di BUMDes. “Dilain pihak kami dari Bumdes bisa membantu menglolanya bersama masyarakat. Kita optimis ini akan berhasil.” pungkasnya.(efri)

/IMG-20210331-WA0003_copy_640x513.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com