BPMD Lampung Utara Verifikasi Berkas 290 Bakal Calon Kades

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Verifikasi berkas 290 bakal calon peserta pilkades, Kepala BPMPD Lampung Utara Wahab, ‎didampingi Kabid Pemerintahan Desa Rofi Febriansyah, ‎ketika ditemui beberapa awak media mengatakan, pelaksanaan verifikasi berkas 290 bakal calon peserta pilkades serentak akan dilakukan selama 6 hari. Dan jika dalam hasil verifikasi itu nantinya ada bakal calon disuatu desa yang melebihi jumlah maksimal 5 orang akan dilakukan verifikasi tambahan. Selasa,(11/4/17).

“Pelaksanaan verifikasi ini kita lakukan sampai tanggal 16 April 2017 mendatang, dan jika nanti ada bakal calon dalam satu desa yang lebih dari 5 orang akan dilakukan verifikasi tambahan,” jelas wahab.

Berdasarkan data yang ada terangnya saat ini a‎da 6 desa yang bakal calonnya lebih dari 5 orang, keenam desa itu Desa Bandar Butih, Kecamatan Kotabumi Selatan, Desa Madukoro, Kecamatan Kotabumi Utara, Desa Blambangan, Kecamatan Blambangan Pagar, Desa Sukasari, Kecamatan Tanjungraja, Desa Beringin Raya, Kecamatan Abung Kunang, dan Desa Tanjung Baru Timur, Kecamatan Bukit Kemuning.

‎”Keseluruhan bakal calon yang dilakukan verifikasi ini ada 290 bakal calon, untuk 90 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak,” ujarnya.

Dan pada pilkades serentak yang kedua kalinya dilaksanakan di Kabupaten Lampung Utara itu tidak lagi diambil dari masing-masing bakal calon, karena telah di‎anggarkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang disesuaikan dari jumlah mata pilih masing-masing desa yang melaksanakan pilkades.

“Tes tambahan bagi bakal calon di desa yang lebih dari 5 orang itu merupakan tes wawancara dan tes kopentensi. Dan tim akan menyediakan ‎100 poin pertanyaan tambahan bagi para peserta bakal calon pilkades di desa yang memiliki calon lebih dari 5 orang itu,” jelasnya.

Pelaksanaan pilkades serentak itu, menurut dia, diharapkan pelaksanaannya bisa berlangsung dengan tertib dan aman. Hal itu berdasarkan hasil pilkades serentak pada tahun 2015 lalu Pemkab Lampung Utara telah melaksanakan kegiatan serupa yang diikuti 118 desa dan itu berjalan sesuai dengan harapan semua pihak.

‎”Kita berh‎arap pelaksanaan pilkades serentak yang kedua kali ini bisa berlangsung sukses dan sesuai dengan harapan masyarakat dan pemerintah,” tutupnya. (Efry).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com