Anggaran Pilkades Lampung Utara Tidak Transparan

Bagikan
  • 204
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Perhelatan Pilkades serentak Kabupaten Lampung Utara, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa‎ (DPMPD) Kabupaten Lampung Utara,terkesan menutupi besaran anggaran yang bersumber dari APBD untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 24 Mei 2017 mendatang.

Saat konfrensi pers mengenai hasil pleno penetapan calon kades, Kamis (20/4), Yuzar selaku ketua panitia kabupaten bersama Kepala BPMPD Wahab serta Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Pemkab Hendri, menjelaskan jika besaran anggaran APBD untuk Pilkades merupakan suatu hal yang rahasia.”Ini rahasia (besaran anggaran APBD). Yang pasti sifatnya untuk administrasi saja,”ujar yuzar.

Tidak puasnya jawaban panitia Pilkades, para para awak media pun kembali mencecar pertanyaan seputar anggaran Pilkades kepada Wahab, mengingat DPMPD merupakan leading sector dalam penyelenggaraan Pilkades. Karena di era keterbukaan informasi publik, suatu mata anggaran bukanlah hal yang dirahasiakan dan dapat diketahui serta di akses oleh semua pihak.

Atas pertanyaan wartawan tersebut, Kepala DPMPD berdalih jika dirinya lupa mengenai besaran dana APBD tersebut.”Saya lupa. enggak jauh beda dengan Pilkades tahun 2015 lalu. Kalau sekarang sekitar Rp 1 miliar lebih lah,”katanya.

Diketahui, terdapat dua sumber dana dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Lampura. Pertama, berasal dari APBD dan kedua berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD). Untuk ADD, anggaranya melalui perhitungan 1-1.000 suara dianggarkan Rp 20 juta, 1-2.000 suara dianggarkan Rp 30 juta dan seterusnya. Dan dalam pelaksanaan Pilkades, para calon tidak dikenakan biaya. (Efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com