278 Calon Ikut Pilkades Serentak Lampung Utara

Bagikan
  • 34
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa, (DPMPD) Didampingi Panitia Seleksi Asisten 1 Yuzar, dan Kabag Hukum Hendri, Menggelar Jumpa Pers bertempat di Aula BPMD tentang perhelatan Pilkades serentak Kabupten Lampung Utara, yang akan dilaksankan pada tanggal 24 Mei 2017, dengan peserta 289 bakal calon Kepala Desa, dan hasil dari seleksi Dinas BPMPD terdapat 11 calon Kades yang gugur.Kamis (20/4/17).

” Berdasarkan hasil rapat pleno yang telah dilakukan, dari 90 Desa yang akan melaksanakan Pilkades, sebanyak 11 bakal calon dinyatakan gugur,” ujar Yuzar.
Yuzar memaparkan, dari 11 orang yang dinyatakan gugur diantaranya 7 bakal calon dinyatakan gugur saat dilakukannya tes tertulis, 2 bakal calon lainnya dinyatakan gugur karena disinyalir memiliki huhungan saudara dengan bakal calon yang lain, sementara 1 orang lagi tidak memiliki ijazah SMP, dan yang 1 orang lagi mengundurkan diri.
Untuk tahapan seleksi bakal calon kades sampai ditetapkannya sebagai calon kades ditingkat Kabupaten, lanjut Yuzar tahapan tersebut telah dilakukan sejak tanggal 10-17 April 2017 yang lalu, yang mana dalam melakukan seleksi pihaknya melibatkan 9 instasi, yakni Kejaksaan, Polres, Kodim 0412, DPMPD, Dinas Pendidiakn, Badan Kesbangpol, Disdukcapil, Inspktorat dan Bagian Hukum.
“ Sebelum dilakukan seleksi ditingkat Kabupaten, terlebih dahulu seleksi dilakukan ditingkat Desa dan Kecamatan.” Paparnya.
Dikatakan lebih lanjut, bahwa setelah ditetapkan sebagai calon kepala desa ke 278 nama yang bakan mengikuti pilkades akan diserahkan kepada panitia desa yang diserahkan melalui Kecamatan dan selanjutnya akan dilakukan pengundian nomor urut bagi para peserta.
Untuk menciptakan kondisi aman, dan nyaman, Pemkab Lampura akan menggelar deklarasi damai di Mapolres Lampung Utara. Hal itu dilakukan aagar para calon Kepala Desa harus berkomitmen untuk siap menang atau kalah, serta siap mengamankan pelaksanaan Pilkades.
Namun ketika ditanya terkait besaran anggaran Pemkab Lampura dalam melaksanakan Pilkades serentak tahun 2017 ketua panitia, Yuzar ataupun Kepala Dinas DPMPD, Wahab menutupi besaran dana yang dianggarkan dari APBD Pemkab tersebut.
” Untuk besaran anggaran APBD ini rahasia, yang pasti sifatnya untuk administrasi saja,” jawab Yuzar.
Tidak sampai disitu, para kuli tinta terus mendesak untuk mempertanyakan besaran anggaran yang dikeluarkan untuk pilkades ini, meski tidak dijabarkan secara terperinci Kepala Dinas DPMPD, Wahab, akhirnya membeberkan berapa besaran anggaran tersebut.
” Kalau tidak salah sekitar Rp 1,1 miliar, anggaran untuk pilkades tahun 2017 ini,” katanya.
Untuk diketahui, dalam pelaksanaan Pilkades serentak diKabupaten Lampung Utara terdapat dua sumber dana. Yang mana sumber dana yang pertama, telah dianggarkan dari APBD dan yang kedua berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD).
Untuk ADD anggaranya melalui perhitungan 1-1.000 suara dianggarkan Rp 20 juta, 1-2.000 suara dianggarkan Rp 30 juta dan seterusnya. Dan dalam pelaksanaan Pilkades, para calon tidak dikenakan biaya.(efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com