Kepala Bappeda Lampura Tanggapi Soal Musrenbang Habiskan Anggaran

Bagikan
  • 98
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Syahrizal Adhar menanggapi pernyataan Ketua DPRD, Rahmat Hartono yang mengatakan musrenbang hanya menghabiskan anggaran, Senin (27/2/17).

Syahrizal, mengatakan Penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) didasarkan pada usulan masyarakat melalui musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dari tingkat desa hingga kabupaten.

Pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah lanjutnya merupakan aspirasi masyarakat melalui musrenbang, reses anggota DPR dan kunjungan kerja bupati.

“Dewan reses diatur dalam undang-undang sebanyak tiga kali setahun, kita musrenbang sekali setahun. Jadi kita banyak menampung dari pokok-pokok pikiran anggota dewan dalam menyusun program pembangunan,” Tuturnya.

Tidak semua usulan pembangunan dari musrenbang itu bisa terakomodir dikarenakan keterbatasan biaya dan prinsip skala prioritas. “Ya mungkin tidak semua bisa diakomodir karena keterbatasan anggaran dan skala prioritas,” Dan Musrenbang tingkat desa/kelurahan dan kecamatan telah dilaksanakan pada Februari ini. Pemerintah akan menjadwalkan awal Maret mendatang di tingkat kabupaten. “Setelah musrenbang, kita juga akan mengadakan forum konsultasi publik yang terdiri dari SKPD dan masyarakat untuk memverifikasi usulan-usulan pembangunan yang mendesak harus dilaksanakan,” terangnya.(efry).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com