Pemkab Tanggamus Aktifkan Forkom GERMAS Lawan Pandemi Covid-19

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Gisting (HS) – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus (Sekdakab) Hamid Heriansyah Lubis membuka acara Re-Organisasi Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (FORKOM GERMAS), bertempat di Aula Serumpun Padi Gisting, Kamis (17/06/2021).

Turut hadir Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan, Kepala Bappelitbang, Kadis Kominfo, Kadis Sosial, perwakilan Perangkat Daerah terkait, Kemenag Kabupaten Tanggamus, BPJS Kesehatan dan TP-PKK Kabupaten Tanggamus.

Dalam arahannnya Hamid Heriansyah Lubis menyampaikan bahwa GERMAS merupakan gerakan bersama yang harus nyata dan terarah dalam aksinya. “Pertemuan hari ini hendaknya membuahkan hasil berupa agenda Aksi salah satunya Aksi melawan Pandemi COVID-19”, Ujarnya.

” Tujuan GERMAS adalah agar masyarakat sehat, ketika tubuh sehat maka imun tubuh stabil, dan mampu melawan virus COVID-19 yang terus berkembang menjadi varian baru yang semakin ganas”, ujar Hamid H Lubis.

Tugas Tim Forkom GERMAS adalah memberikan pemahaman akan bahaya COVID-19 bukan hanya saat terjangkit, tapi yang jauh lebih berbahaya adalah dampak terhadap kesehatan tubuh pasca terjangkit COVID-19 ini, ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Materi dari Narasumber yaitu Bappelitbang dan Dinas Kesehatan Tanggamus.

Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus Hendra Wijaya Mega dalam paparannya menyampaikan, bahwa tujuan utama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

Tujuan tersebut akan dapat tercapai melalui beberapa langkah yang telah di Instruksikan Presiden melalui Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas.

Langkah-langkah tersebut yaitu :
– Peningkatan aktivitas fisik Masayarakat;
– Peningkatan perilaku hidup sehat;
– Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi;
– Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit;
– Peningkatan kualitas lingkungan; dan
– Peningkatan edukasi hidup sehat.

Kabupaten Tanggamus terus berupaya menerapkan Instruksi Presiden tersebut dan mensosialisasikan kepada Masyarakat tentang pentingnya GERMAS melalu kampanye dan edukasi masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), papar Hendra.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan yang di wakili Sekretaris Dinas memaparkan, pentingnya diteksi dini penyakit berbahaya seperti kanker, hipertensi dan diabetes.

Selain itu tindakan preventif terhadap penyakit adalah dengan Gaya hidup Sehat, konsumsi makan seimbang yang diiringi dengan aktivitas fisik yang teratur.

Acara Re-organisasi FORKOM GERMAS ditutup dengan diskusi dalam menyusun gerak langkah bersama Aksi GERMAS Tanggamus, yang dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama dalam menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Tanggamus, sehingga terwujud visi pembangunan Masyarakat Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri Unggul dan Sejahtera. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com