Disdukcapil Pringsewu, Ada Kartu Keluarga Manipulatif?

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pringsewu, (HS) – Hernawati, warga Kelurahan Pringsewu Utara, mempertanyakan status dirinya di dalam kartu keluarga. Dia terkejut, saat mengurus surat pindah salah satu anggota keluarganya, ternyata nama suaminya sudah tidak tercantum di dalam kartu keluarga.

Saat itu pula, petugas Dinas Kependudukan Catatan Sipil Pringsewu mengeluarkan kartu keluarga baru, dan Herawati sebagai kepala keluarga. Namun janggalnya, dia berstatus kawin.

“Saya gak pernah merasa mengajukan perubahan dalam kartu keluarga. Kalaupun di kartu keluarga nama suami saya sudah tidak tercantum, berarti, data tersebut jelas sudah dimanipulasi, ” ujarnya saat memberikan keterangan pada wartawan, kemarin.

“Kalaupun benar suami saya yang sudah merubahnya, saya nggak pernah diberitahu,” tambahnya.

Menanggapi hal itu, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Pringsewu, Sudarsih, SE, membenarkan, kalau ada warga yang pindah ke Bengkulu, atas nama Helfin (suami Herawati). Tapi berkasnya ada di arsip.

“Memang benar warga bernama Helfin pindah ke Bengkulu, dan arsipnya ada di kantor. Besok kita lihat berkasnya di kantor, kapan pengajuan pindahnya,” terang Sudarsih.

Kuat dugaan,dokumen yang diajukan Helfin sudah dimanipulasi oleh pejabat terkait.Sehingga, dia bisa mendapatkan kartu keluarga yang baru.

Hernawati mendapatkan informasi bahwa Helfin sudah menikah lagi. (san)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com