Bupati Tanggamus Launching Mobile Laboratorium RT-PCR

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, launching Mobile Laboratorium Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Dinkes Tanggamus, bertempat di halaman kantor Dinkes Tanggamus, Kamis (22/04/2021).

Launching Laboratorium Mobile RT-PCR dihadiri Kepala Kejari David Palapa Duarsa, Kadis Kesehatan Taufik Hidayat, Kadis Kominfo Sabaruddin, Direktur RS Panti Secanti Gisting dr. Welly Stefanus dan Perwakilan RSUD Batin Mangindang Kota Agung.

Kadis Kesehatan Tanggamus Taufik Hidayat dalam Laporannya mengatakan, perlu waktu yang cukup panjang agar Mobile RT-PCR atau Mobile Combat dapat dioperasikan. Hal ini dikarenakan ada sejumlah proses yang harus dilakukan seperti pengajuan proposal Izin operasional ke Litbangkes Kementerian Kesehatan RI, serta melalui Tahapan Assessment.
“Pengadaan mobil ini pada Agustus 2020, dananya bersumber dari dari Dana Insentif Daerah (DID) yang diberikan Pemerintah Pusat. Kemudian kami ajukan proposal Izin operasional ke Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Lampung November 2020 disertai Self Assessment. Baru 29 Maret 2021 diberikan Kode Laboratorium Mobile beserta Password”, ujar Taufik Hidayat.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani bersyukur dengan telah mendapat izin Operasional Laboratorium Mobile RT-PCR. Dengan Mobile RT-PCR diharapkan dapat lebih cepat mendiagnosa sampel Covid-19, sehingga penanganan nya dapat lebih cepat.
“Kalau dulu kita kirim sampel ke Labkesda di Bandar Lampung memakan waktu 5-10 hari, akibat antrian yang cukup banyak. Dengan adanya Laboratorium Mobile RT-PCR ini dapat lebih cepat mengetahui hasilnya, yaitu satu sampel dua jam”, ujar Bupati.

Bupati juga mengapresiasi Tim Medis yang bertugas di Laboratorium Mobile RT-PCR, sebab yang diperiksa sampel yang ada virus hidup sehingga sangat rentan.
“Luar biasa pengorbanan tim yang bertugas di Laboratorium Mobile RT-PCR, kita doakan agar selalu diberi kesehatan dan sampel yang diperiksa tidak banyak”, harap Bupati.

Tidak lupa Bupati menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan DID, yang salah satunya dibelikan untuk Mobile RT-PCR.
“Karena tidak semua daerah mendapatkan DID. Saya berpesan agar Mobile RT-PCR ini dirawat dengan baik, sehingga manfaat yang dirasakan dapat lebih lama”, ujar Bupati Dewi Handajani. (*/Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com