Khamami Beri Arahan Musrenbang Kecamatan Mesuji

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mesuji – Musrenbang Kecamatan Mesuji untuk menyusun usulan rencana pembangunan tahun 2018 yang akan di bawa ke tingkat kabupaten, diselenggarakan di GOR kecamatan, Senin(27/02).

Bupati Mesuji Khamami mengatakan Musrenbang kecamatan pada intinya untuk menghimpun aspirasi masyarakat sebagai bahan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Rumusan ini cukup penting karena akan memberikan kepastian dan arah pembangunan Tahun 2018 yang betul-betul di butuhkan masyarakat berdasarkan kesepakatan bersama,ujarnya.

Diungkapkannya, permasalahan yang menjadi perhatian utama dalam pembangunan daerah di tahun 2018 nanti terkait kebutuhan masyarakat, kata Bupati.

Target pembangunan pada tahun depan yaitu, peningkatan derajat pendidikan dan kesehatan, pemantapan infrastruktur dasar, pemanggulangan kemiskinan, peningkatan ketahanan pangan, pelestarian lingkungan hidup dan mitigasi bencana, peningkatan iklim investsi dan pariwisata serta stabilitas keamanan. Bupati berharap Desa dapat menjalin koordinasi yang baik dengan SKPD dan terus berinovasi dalam menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat,” jelasnya.

Khamami juga mengingatkan peserta Musrenbang untuk memahami pengelolaan anggaran. “Patuhi rambu-rambu dan jangan asal merencanakan”.

Musrenbang dihadiri pimpinan SKPD,  Muspika, Kepala Puskesmas, Koordinator PPL,  Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Perangkat Desa,  ketua dan anggota BPD, pemuka masyarakat dan delegasi Desa, para Bidan, tenaga ahli dan pendamping Desa, serta undangan lainnnya.

Satu hal yang disoroti oleh bupati di Kecamatan Mesuji dalam perencanaan pembangunan, adalah sebagai  Ibu kota Kabupaten, kecamatan Mesuji, perlu penataan yang sedikit berbeda dan khusus. Perlu  penguatan di sana-sini dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain.

Kompleksitas kebutuhan karena beragamnya elemen yang terkait dengan sebuah ibu kota menjadikan kecamatan Mesuji agak sedikit berkorban demi percepatan perkembangan Kecamatan sebagai Ibukota Kabupaten. Tapi yakinlah, bahwa perubahan yang terjadi berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitarnya”, paparnya.

Bupati  menekankan kepada semua kepala desa agar dana desa harus benar benar mengutamakan pemberdayaan guna mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Mesuji. Hal ini tidak ada tendensi politik tetapi ini adalah program guna menuntaskan kemiskinan menuju Bumi Serasan Segawe yang lebih sejahtera ke depannya.

Hendriza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com