Wah, Janda Muda di Tanggamus dan Pringsewu Jumlahnya Meningkat

Bagikan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus – Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu mengalami peningkatan jumlah status janda muda setiap tahunnya. Tercatat pada tahun 2017 yang lalu di Tanggamus ada 594 kasus dan di Pringsewu ada 643 kasus gugatan perceraian yang diterima Pengadilan Agama Kabupaten Tanggamus.

“Kasus perceraian ini merebaknya banyak didominasi oleh kalangan pasangan muda yang baru memiliki anak satu atau dua anak, dengan alasan menggugat cerai misalnya faktor ekonomi yang tidak memadai atau lemah, kurangnya keharmonisan dalam rumah tangga dan lain-lain,” ujar Abdul Basil Basith, Humas Pengadilan Agama Tanggamus saat dikonfirmasi media di ruang kerjanya, Rabu (30/5/18).

Abdul Basil Basith, Humas Pengadilan Agama Tanggamus

Ia menambahkan, sudah tercatat 411 jumlah kasus yang menggugat karena lemahnya ekonomi rumah tangga, dan 396 kasus terjadi karena kurangnya keharmonisan rumah tangga. kebanyakan gugatan cerai itu sendiri diajukan oleh pihak perempuan (cerai gugat) dengan beraneka ragam alasan.

Abdul menjelaskan dari pihak Pengadilan Agama sendiri dalam setiap kasus gugatan perceraian telah melakukan mediasi kekeluargaan untuk menyelesaikan perkara kasus gugatan perceraian. Bahkan disetiap tahapan persidangan sebelum inkrah selalu dimediasikan dahulu. Namun, sampai saat ini baru bisa menekan angka perceraian 10% dari 1.318 kasus yang diajukan ke Pengadilan Agama.

“Kami selalu menyarankan dan memfasilitasi antara kedua belah pihak untuk bermediasi terlebih dahulu, dalam setiap kasus gugatan perceraian yang diajukan ke Pengadilan Agama. Namun sampai saat ini baru bisa menekan angka 10% dari sekian banyak kasus,” tegasnya.

Sementara, lanjutnya, untuk menekan angka tingginya tingkat perceraian perlu keterlibatan pemerintah daerah dalam menangani besarnya kasus perceraian yang terjadi di Kabupaten Tanggamus ini, terutama karena faktor ekonomi yang menjadi alasan utama perceraian. (Sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com