AWPI Netral di Pilkada Tanggamus

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kabupaten Tanggamus menyatakan netral dalam gelaran Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Tanggamus yang berlangsung 27 Juni mendatang.

Menurut Ketua DPC AWPI Tanggamus, Imron Tara, pers berperan menjadi salah satu pilar demokrasi yang memiliki sumbangsih dalam pembangunan sistem demokrasi negara. Untuk itu maka pers tidak boleh terlibat dalam politik praktis.

“Wartawan itu profesi yang mulia. Dalam demokrasi pers adalah pilar ke empat, jadi tidak elok rasanya kalau pers masuk menjadi tim sukses atau juru kampanye dari pasangan calon (paslon),” kata Imron saat disambangi di Kantor Sekretariat DPC AWPI Tanggamus, Rabu (30/5).

Diakui Imron bahwa ada banyak pihak yang mencoba menarik insan pers untuk masuk kedalam dunia politik.”Ya, ada saja itu yang mengajak rekan kita bergabung sebagai TS, dan untuk insan pers boleh mendukung, tapi atas nama pribadi bukan atas nama lembaga, khususnya anggota AWPI tidak boleh berpolitik, kalau mau jadi TS silahkan ajukan cuti dari profesinya sebagai wartawan dan juga anggota AWPI, “ujar dia.

Selain insan pers yang dituntut untuk netral, Imron juga mengingatkan bahwa aparatur sipil negara (ASN) juga tidak boleh terlibat dalan politik praktis.” Semua harus netral, dalam artian bukan tidak boleh memilih, ya kalau mau pilih si A atau B itu sah-sah saja, tetapi jangan sampai mengajak seseorang atau memaksa untuk memilih calon tertentu, kami (AWPI) siap menjadi garda terdepan dalam mengawal proses demokrasi ini, “tegasnya.

Kemudian dalam suasana bulan suci Ramadan ini, Imron juga berharap agar tim pendukung masing-masing paslon tidak saling menghujat ataupun memprovokasi sehingga timbul gesekan.

“Silakan kampanye, paparan semua visi misi dan program yang membangun untuk rakyat, tetapi jangan saling menjelekan satu sama lain, biar rakyat yang menilai, saya harap Gelaran pilkada di Tanggamus ini berjalan aman, lancar serta kondusif,” pungkas Imron. (sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com