Ujian Nasional Tingkat SMA

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mesuji – Setelah siswa kelas tiga SMK sederajat menyelesaikan Ujian Nasional (UN) senin depan, giliran siswa-siswi SMA/MA sederajat yang akan mengikuti Ujian Nasional, tepatnya dimulai Senin tanggal 11 April 2017.

Kepala sekolah SMA 1 Tanjung Raya, Soleh Udin,S.Pd, mengingatkan seluruh peserta didik SMA 1 Tanjung Raya yang akan ikut UN harus optimis. Harus percaya pada kemampuan diri sendiri. Tidak menyontek. Serta tidak percaya adanya bocoran jawaban. Begitu juga para orang tuanya.

UN itu, katanya, berguna untuk mengukur kemampuan diri seorang peserta didik. Kalau dikerjakan dengan menggunakan bocoran kunci jawaban, bagaimana dapat mengetahui nilai sebenarnya yang diperoleh diri sendiri. Selain tindakan itu curang, rasa percuma belajar tiga tahun kalau soal-soal UN dikerjakan dengan mengandalkan bocoran jawaban.

“Karenanya, baik siswa maupun orang tua siswa jangan percaya adanya bocoran jawaban UN. Apapun bentuknya, apakah melalui pesan singkat dan sebagainya, pokoknya jangan percaya bocoran jawaban,” tegasnya ketika di temui di ruang kerjanya.

Mari kita bangun suasana yang tenang, suasana belajar di rumah. Suasana yang nyaman untuk anak-anak kita. Saya berharap, orangtua menghindari hal-hal yang bisa menggangu ketenangan persiapan anak dalam menghadapi UN Senin depan.

“Jangan tegang menghadapi UN yang kini tidak lagi menentukan kelulusan. Tidak perlu khawatir berlebihan dalam menjalani UN, namun manfaatkan tantangan ini secara sungguh-sungguh sebagai kesempatan bercermin tentang apa yang sudah kita raih dan apa yang perlu kita lakukan ke depan,” unjarnya.

Mulai sekarang, sampai saat UN, jangan terlalu forsir diri untuk belajar. Harus  istirahat yang cukup. Malam menjelang UN jangan belajar semalaman. Justru harus tidur cukup.

“Usahakan tidur malam selama 8 jam. Pastikan asupan makanan sehat dan bergizi. Jangan lakukan hal yang sebelumnya tidak biasanya kita lakukan. Ini untuk menghindari terjadinya hal-hal baru yang berisiko mengganggu persiapan”.

Persiapkan semua kebutuhan yang harus dibawa ke sekolah saat UN. Perhatikan dan persiapkan dengan detail sehari sebelum UN, mulai dari baju seragam hingga pensil, penghapus dan rautan. Pastikan berangkat awal dari rumah, agar tidak terburu-buru di jalan dan bisa sampai di lokasi UN dengan tenang dan tepat waktu,” harapnya.

Hendriza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com