Tim Penilai Provinsi Sambangi Desa Wonomarto Lampura

Bagikan
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Bupati Lampung Utara diwakili Plh Asisten II, bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, menyambut Tim Penilai dari Provinsi Lampung pada acara Lomba Desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018, di taman Wisata Tirta Sinta Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi Utara. Rabu (08/08/18).

Hadir Gubernur Lampung diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Tim Penilai, Drs. Heri Suliyanto, Mitra Desa dari Universitas Bandar Lampung (UBL), Iwan Piurwanto, dari Universitas Lampung (Unila) selaku Tim Rektor Bidang Eksternal dan Ahli Gubernur Bidang Komunikasi, Diah Sumardiani, Anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Camat se-Kabupaten Lampung Utara, serta Kader TP-PKK Kabupaten Lampung Utara.

Kepala Desa Wonomarto, Waskito, menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai dari Provinsi Lampung, semoga kehadirannya dapat memberikan semangat kepada masyarakat Kabupaten Lampung Utara.
“Tetap semangat membangun Desa menata Kota.” Katanya.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Utara yang diwakilkan Asisten II, Syahrizal, menyampaikan ucapan terima kasih  dan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Desa dan BUMDes Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018.

“Mudah-mudahan dapat semakin menambah motivasi kami dalam membangun Desa di Lampung Utara, agar menjadi semakin maju, makmur dan sejahtera.” Tuturnya.

Asisten II juga menjelaskan bahwa Desa harus dipandang sebagai wilayah yang potensial dalam pembangunan ekonomi, karena Desa sebagai sentra lumbung pangan, desa sebagai daerah tujuan wisata dan sebagai sentra home industri, desa sebagai pemasok sumberdaya manusia terlatih, serta desa sebagai penyangga bagi perekonomian diperkotaan.
Ada beberapa faktor penunjang kemajuan desa yang dimiliki oleh Desa Wonomarto ini antara lain, dibidang Pemerintahan Desa telah berjalan dengan baik, dibidang kewilayahan, desa Wonomrto memiliki tata ruang wilayah desa yang tertata sedemikian, dibidang kemasyaratan secara umum masyarakat di Desa Wonomarto dalam suasana yang kondusif, makmur dan sejahtera. Sementara itu, dalam rangka mengembangkan produk unggulan. Bahkan kesadaran masyarakat akan kesehatan dan pendidikan juga cukup baik. Masyarakat menyadari bahwa faktor penting dalam penanggulangan kemiskinan.

“Dengan berbagai keungulan dan potensi yang saya sebutkan tadi, saya yakin dan optimis bahwa Desa Wonomarto ini layak menjadi juara pertama Lomba Desa dan BUMDes Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018.” Harapnya.

Kesempatan yang sama sambutan Gubernur Lampung diwakili Asisten I, menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Desa Wonomarto atas penyambutan yang sangat hangat.

Dia mengatakan pembangunan dengan memberikan kepercayaan yang besar kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi secara langsung dalam seriap proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan memberikan efek guna sekaligus menempatkan masyarakat selaku subjek pembangunan, maka peran kepala desa dalam mendorong peran serta dan partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan Pemerintaan, pembangunan dan pembinaan yang dilaksanakan di desa. Salah satu tahapan dalam rangka evaluasi acara perlombaan desa ini meliputi tiga bidang penilaian yaitu bidang Pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan desa dengan 69 indikator penilaian.

Kegiatan lomba desa merupakan kegiatan yang bermanfaat sebagai tolak ukur dalam melihata efektifitas dalam membangun desa melalui pemberdayaan masyarakat.

Hal yang sama ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati, kepada awak media mengatakan sangat bangga dan berharap Desa Wonomarto agar lebih memajukan kembali kualitas Desa.

“Dengan adanya lomba desa ini dapat memacu semangat untuk rasa bersaing yang lebih baik dibidang prestasi. Saya berharap kita semua dapat mewakili Provinsi, sementara di BUMDes sudah masuk 3 besar Nasional, semoga melalui lomba ini yang sudah tercurahkan kepada masyarakat dapat menjadikan ajang ekplor diri menjadi lebih baik lagi.” ungkap Ketua TP-PKK Lampung Utara. (*/Ef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com