Tim Covid-19 Tanggamus Lakukan Tracking Kasus Positif Covid Nomor 03

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Dengan bertambahnya kasus 03 positif covid 19 Kabupaten Tanggamus, beberapa waktu yang lalu. Tim covid 19 Puskes Kota Agung melakukan tracking Rapid, terhadap warga yang kontak erat dengan kasus 03. Hal tersebut dilakukan guna memutus penyebaran covid 19 dan agar tidak bertambah lagi kasus positif di kabupaten yang berjuluk begawi jejama ini.

Hari ini terdapat 33 warga yang dilakukan rapid test ditempat berbeda, yakni yang pertama di penginapan wisma Hosela di jalan Harapan Pasar Madang Kota Agung, sebanyak 11 orang, kemudian di lanjut ke Hotel Setia dilakukan rapid terhadap 5 orang yang ada di hotel tersebut.

Lalu, dilanjut ditempat ketiga yakni Alfa Mart tepat disamping terminal Kota Agung, dimana ke-5 karyawan pusat perbelanjaan tersebut dilakukan rafid test dengan hasil non reaktif, terakhir Apotek Bintang Jota Agung dengan hasil non reaktif dari 11 karyawan dan 1 orang pemilik apotek tersebut.

Kemudian dari hasil pemeriksaan rapid terhadap puluhan orang yang kontak erat dengan kasus 03 terdapat 2 orang yang reaktif, dan direncanakan pihak kesehatan puskesmas secepat nya akan dilakukan Swab. Sabtu (25/07/2020)

Dede chandra lurah Pasar Madang, yang juga ikut mengawal warganya yang dilakukan rapid test, mengatakan “Untuk hari ini kita melakukan test rafid, rangkaian dari traking yang kemaren sudah dilakukan dan hari ini, kita melanjutkan dengan mengabil rafid diwilayah pasar madang dan ada 4 titik yang dilakukan rafid”. Kata lurah dede dihadapan media ini.

Dengan terjadinya kasus 03 diwilayah kelurahan Pasar Madang, pihak kelurahan berharap atas kesadaran warga pendatang agar sekiranya melapor ke kelurahan.

“Untuk kedepan, khususnya warga Pasar Madang agar lebih aktif lagi untuk informasinya. sampaikan kekami (pihak kelurahan) untuk kami tindak lanjuti, baik warga Pasar Madang maupun luar Pasar Madang. kami mohon untuk berkordinasi, menyampaikan laporan tibanya di kelurahan pasar madang dengan cepat”. Jelas nya Dede

Dede berharap kemasyarakat, agar tidak mengabaikan himbauan dari pemerintah khususnya kelurahan pasar madang, dalam menyambut kebiasaan baru atau sering disebut New Normal, tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas diluar rumah.

“Dan saya menghimbau, kepada masyarakat khususnya pasarmadang, agar tetap melakukan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan.” Harapnya

Sementara Heni Widyawati petugas p2p Puskes Kota Agung usai melaksanakan rapid tes di 4 titik menyampaikan, kegiatan yang dilakukan merupakan tanggap cepat pemutusan penyebaran dari pasien kasus 03 diwilayah Pasar Madang.

“Setelah diketahui hasil positif, terhadap kasus 03, kami melakukan penjemputan pasien RSUD Kota Agung Batin Mangunang. kemudian kami langsung melakukan tracking di 6 titik yaitu ke penginapan Hosela, ke Hotel Setia, kemudian di alfhamart diterminal, Alfamart di Borobudur, dengan Aphotek Bintang 2 karna pasien Tuan N telah berbelanja di tempat tersebut.” Terang Heni sapaan akrabnya.

Masih dengan Heni, Kemudian setelah hasil tracking, kami hari ini melakukan pemeriksaan rafid test terhadap 33 orang di 4 titik. yang pertama dipenginapan hosela, kemudian di Hotel setia dan Alfamart terminal, terakhir di apotek bintang 2.

“Dari hasil tracking di temukan 35 orang yang kontak erat dan hari ini dilakukan 33 orang pemeriksaan, dengan hasil 2 reaktif dan 31 non reaktif. kemudian kemudian 2 orang yang belum, akan melaksaanakan pemeriksaan susulan di hari senen. Untuk 2 orang yang reaktif, akan dilakukan pemeriksaan swab pada hari senen besok dan selasa, kemudian nantinya pemeriksaan swab akan dilakukan dipuskesmas kotaagung.” Tandasnya.

Turut hadir dalam pelaksanaan rapid test, dari kesehatan, Puskesmas Kota Agung Heni Widyawati petugas p2p, Sri Suharni Petugas laboratorium dan Sulistiani Alibasa petugas survailans, lalu Dede Chandra lurah Pasar Madang, Waldi Babinsa 0424/ Tanggamus dan Agus Irawan Kanit Polsek Kota Agung.(Riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com