Survey Hari Kedua Stok dan Harga Sembako Di Pasar Tanggamus Stabil dan Aman

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) melalui Bidang Pemerintahan dan Perekonomian bersama Bagian Perekonomian dan SDA Seketariat Pemerintah Kabupaten Tanggamus melakukan Survey Pasar Hari ke 2 untuk memastikan harga dan stok kebutuhan bahan pokok tersedia, sebagai jawaban keresahan masyarakat akibat wabah virus corona, Kamis (19/03/2020).


Berdasarkan pengecekan yang dilakukan di 5 Pasar yang ada (Pasar Talang Padang, Gisting, Kota Agung, Wonosobo dan Pangkul), stok sembako dan harga masih relatif aman. Bahkan untuk beberapa bulan kedepan kebutuhan pokok seperti Beras, Minyak Goreng, Gula, Telur dan Kebutuhan lainnya masih aman.

Rata-rata harga kebutuhan bahan pokok yang terdapat di 5 pasar ialah:
 Harga Beras Premium normal diangka Rp. 12.000/kg, Medium Rp. 10.000/kg.
 Harga Gula Pasir Rp. 18.000/kg, Gula Merah Rp. 17.000/kg
 Harga Minyak Goreng Bermerk sebesar Rp. 14.000/ltr, Harga Minyak Goreng Curah Rp. 12.000/ltr.
 Harga Telur Ayam Ras Rp. 25.000/kg, Harga Telur Ayam kampung Rp. 2.500/Butir
 Harga Bawang Merah Rp. 33.500/kg ( mengalami kenaikan Rp.500,-dari minggu lalu), Harga Bawang Putih Rp. 39.000/kg ( turun Rp.1000,- dari hari sebelumnya ), untuk diketahui harga komoditas bawang secara umum bervariasi tergantung kualitas
 Harga Cabe Merah Rp. 32.000/kg dan untuk harga Gas LPG 3 Kg bersubsidi di jual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp.18.000,- Rp.22.000 ( masyarakat dihimbau untuk membeli di pangkalan dengan harga HET).


Sebagai langkah awal kebijakan Ketua Gugus Tugas Covid 19 Hamid Heriansyah Lubis, Kami selama 3 hari ini mengecek dampak inflasi di masyarakat atas kenaikan harga bahan pokok, ujar Firmalinda.

Survey pasar untuk mengetahui stok bahan pokok dan tingkat kenaikan inflasi khususnya kenaikan cabai, bawah putih, bawang merah. Selain itu juga Tim melakukan survey untuk mengetahui stok, kami juga melakukan himbauan kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan pasar dan perilaku untuk hidup sehat kami sampaikan juga, ujar Siti Rahmah.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus saat ini sedang berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung terkait kemungkinan diadakannya Oprasi Pasar Komoditas Gula, ungkapnya. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com