Satu Orang Positif Virus Corona di Lampung

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jakarta (HS) – Pemerintah memastikan satu pasien di Lampung terkonfirmasi positif Covid-19 alias virus corona. Sementara total jumlah pasien meninggal akibat virus Corona bertambah menjadi 19 orang.

Per Rabu 18 Maret 2020 dengan jumlah pasien positif virus corona di Indonesia menjadi 227 kasus.

Hal itu dikatakan Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan wabah COVID-19, Achmad Yurianto dalam siaran pers di Kantor BNPB, Rabu sore. “Ada 55 kasus tambahan, ada tambahan di Provinsi Banten ada 4 positif. Di Yogyakarta 1 positif, kemudian 30 pasien positif dari Jakarta, dari Jabar 12 pasien, Jateng 2 positif, Sumut 1 positif, Lampung 1 positif, Riau 1 positif dan Kalimantan 1 positif,” kata Yurianto.

 

Sedangkan pasien yang telah dinyatakan sembuh ada 11 orang, rinciannya Banten 1 pasien, DKI Jakarta 9 pasien, Jawa Barat 1 pasien.

Pasien yang dinyatakan positiv Covit-19 di Lampung, masuk RSUDAM sejak hari Minggu 16 Maret 2020. Sebelum masuk RS riwayat pulang dari Solo. Riwayat pasien ini mengikuti kegiatan di Bogor. Salah satu peserta dari Solo adalah pernah kontak dengan pasien di Solo yang dinyatakan meninggal.

Sementara Kondisi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 atau virus corona yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Yani Kota Metro, semakin membaik. Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kota Metro Nasir AT menjelaskan, hingga Rabu (18/3/2020) pukul 08.00 WIB, kondisi pasien membaik dengan tekanan darah normal 136/80 dan selang infus sudah dicabut.

“Sudah bisa duduk-duduk. Nah, untuk hasil laboratorium, SOP-nya, kalau negatif, (Diskes) provinsi yang umumkan. Kalau positif, pemerintah pusat (yang umumkan). Jadi seperti itu, daerah cuma melakukan pengawasan dan mengirim sampel,” kata Nasir AT, Rabu (18/3/2020).

Nasir AT menambahkan, pihaknya telah mengirimkan sampel air liur si pasien dan saat ini masih menunggu pengumuman dari pemerintah pusat atau Pemprov Lampung terkait hasil uji laboratorium.

PDP Covid-19 di Lampung Tambah 2 Orang Satu Positif

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona atau Covid-19, di Lampung bertambah 2 orang. Kepastian tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung Reihana. Dengan demikian, total ada 4 PDP yang saat ini sedang dirawat intensif di Rumah Sakit di Lampung. “Iya betul, memang ada PDP yang bertambah 2 orang, jadi semuanya untuk di Lampung ada 4 orang termasuk dengan yang di Metro,” kata Reihana, Selasa 17 Maret 2020.

Dua PDP baru tersebut, lanjut Reihana, dirawat di RSUDAM dan RS Belleza, yang telah mendapatkan pengawasan dari Diskes Lampung. “Tapi sebetulnya, 1 pasien tidak spesifik terduga Covid-19, akan tetapi keluarga minta untuk diisolasi,” jelas Reihana.

Reihana kembali mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan takut jika merasa demam, batuk dan pilek. “Apalagi tidak ada riwayat kontak (dengan pasien terkonfirmasi Covid-19) dan tidak ada riwayat bepergian (ke luar negeri), jadi tidak perlu terlalu khawatir,” pesan Reihana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com