Respon Keluhan Warga, Pemkab Lampung Utara Tutup Klinik Herbal Tak Berizin

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) akhirnya menutup sementara operasional klinik pengobatan Tao Zhen Medichin. Ini menindaklanjuti keluhan warga Desa Kalibening Raya, Kecamatan Abung Selatan, karena dugaan klinik tersebut tidak memiliki Izin.

Trisando Tama, Kabid Perizinan Perumahan Rakyat dan Kesra, mengatakan berdasarkan hasil kroscek di lapangan dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Selasa (12/5/2020) kemarin, Klinik pengobatan itu mengantongi izin Surat Terdaftar Pengobatan Tradisional (STPT) sejak tahun 2011, Namun Izin tersebut tidak berlaku lagi karena klinik sudah berpindah tempat.

“Jadi, klinik pengobatan Tao Zhen Medichin itu ditutup sementara, selama mereka belum mengurus Izin maka tidak boleh dibukak dan plang lepas semua dan tidak boleh ada aktifitas,” kata Trisando Tama. Rabu (13/5/2020)

Ketika tim gabungan mendatangi Klinik Pengobatan Tao Zhen Medichin, Menurut keterangan pihak klinik bahwa mereka baru saja pindah 3 hari lalu. “Ya itu berdasarkan keterangan mereka bahwa baru 3 hari pindah disitu,” tuturnya.

/iklan-bpkad-lu.jpg

Dijelaskannya prosedur pembuatan STPT, sebelumnya harus mendapatkan izin operasional dari dinas kesehatan setempat.

Warga Desa Kalibening Raya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara (Lampura) keluhkan tempat praktek pengobatan yang berada di jalan lintas sumatera diduga tidak memiliki izin.

Menurut salah satu warga di sana yang berinisial FL, Praktek Pengobatan yang bernama Tao Zhen Medichin sudah tiga (3) tahun lama buka praktek pengobatan disini, Namun hingga saat ini diduga tidak memiliki izin dari pemerintah daerah. Jum’at (8/5/20) yang lalu.

” Kami selaku warga mempertanyakan kenapa kok praktek pengobatan tradisional tersebut diduga tidak memiliki ijin, sedangkan sudah hampir 3 tahun lamanya beroperasi disini,” Kata dia seraya menyebutkan Surat Terdaftar Pengobat Tradisional (STPT) tahun 2011 yang beralamat di raden intan tanah miring no 85 Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara sedangkan praktek pengotannya berada di Desa Kalibening, Kecamatan Abung Selatan. (efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com