Rawajitu Utara Akan Dijadikan Rencana Kawasan Transmigrasi

Bagikan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Mesuji – Kecamatan Rawa Jitu Utara akan dijadikan lokasi pengembangan Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT). Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mesuji, Ripriyanto, ketika dikonfirmasi di kantornya belum lama ini.

Ia juga menjelaskan bahwa program tersebut merupakan program dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI dalam rangka percepatan pengembangan wilayah, pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan penduduk.

“Minggu lalu kita sudah lakukan presentasi draft laporan akhir RKT Rawa Jitu Utara di Jakarta bersama dengan Bappeda Kabupaten Mesuji serta tim ahli dari Universitas Lampung. Saat ini prosesnya masih berjalan dan akan disinergikan antara rencana tata ruang wilayah Kabupaten Mesuji dan Provinsi Lampung, dan terakhir adalah penetapan dari menteri terkait,” jelasnya.

Lanjutnya, wilayah Rawa Jitu Utara akan menjadi pusat pengembangan permukiman, pertanian, tanaman pangan, perdagangan, serta kegiatan minapolitan. Terlebih saat ini juga telah didukung dengan keberadaan dermaga pelabuhan dan pelayaran perintis yang akan berjalan tahun ini juga.

“Melalui penetapan RKT tersebut, nantinya Rawa Jitu Utara akan mendapat banyak perhatian dari Pemerintah Pusat melalui penggelontoran dana untuk pembangunan wilayah. Dengan demikian, peningkatan kesejahteraan pendidikan, kesehatan masyarakat di daerah eks transmigrasi dan penduduk asli di wilayah Rawa Jitu Utara dapat segera terwujud,” tutupnya.

Hendriza

/IMG-20210331-WA0003_copy_640x513.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com