Pro Strategic Dorong Pemkab Lampung Utara Gali dan Manfaatkan Sumber Daya Alam

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara akan terus memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk meningkatkan pendapatan anggaran daerah serta mengangkat roda perekonomian kerakyatan yang semakin menurun di masa pandemi Covid 19.

Banyak sekali potensi SDM di bidang pariwisata yang hingga saat ini belum dikelola secara maksimal karena terkendala dari berbagai faktor mulai dari akses jalan, SDM sampai dengan cara pengelolaannya. Diketahui, mulai dari Kecamatan Bukit Kemuning, Abung Tinggi, Abung Barat, Tanjung Raja hingga Abung Tengah banyak sekali potensi – potensi sumber daya alam mulai dari Objek Wisata, Perikanan, Pertanian dan lainnya yang bisa dikembangkan demi meningkatkan roda perekonomian.

“Bila pemerintah daerah mendorong desa untuk pokus pada pengembangan dan peningkatan segala potensi yang ada tersebut, tak menutup kemungkinan Lampung Utara akan semakin mengalami perubahan lebih baik lagi dan roda perekonomian masyarakat pun terangkat, ” kata Drs. Dadang Ishak Iskandar, M.M, Direktur Pro Strategic Bandar Lampung, Jum’at (18/12/2020)

Di tahun 2021, sumber daya alam itu harus menjadi prioritas utama pemerintah daerah dengan membangun infrastruktur sebagai sarana penunjang agar wilayah tersebut bisa menjadi sebuah abjek wisata yang nantinya bisa menjadi tujuan utama parawisatawan.

Selain itu juga, pemerintah daerah perlu jugameningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan berbagai pelatihan pelatihan dibidang masing masing mulai dari pelatihan UMKM, Pertanian, Perkebunanan, dan lain sebagainya agar kedepan mereka mampu menciptakan berbagai inovas inovasi dengan memanfaatkan SDM di sekitar sehingga daerah yang canangkan sebagai kampung destinasi wisata bisa segera terwujud.

” Jika semua bisa saling membantu dan sumber daya manusia memiliki keterampilan dan kemampuan dibidangnya masing, maka tidak bisa dipungkiri, Kabupaten Tertua ini akan menjadi sebuah tujuan utama masyarakat, ” ucapnya.

Seperti di Kecamatan Abung Tengah, sudah hampir satu tahun ini sedang berupaya mewujudkan kawasan destinasi wisata dan kuliner, setiap desa sedang berlomba lomba menunjukkan dan mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada di wilayah masing masing demi menghidupkan roda perekonomian kerakyatan di sana sehingga bisa menjadi tujuan wisata lokal mapun luar daerah.

Jadi, setiap pengunjung setelah memasuki kawasan Abung Tengah langsung disuguhkan berbagai keindahan pemandangan dan mereka bisa memilih tempat atau lakasi untuk berwisata sesuai dengan leinginan.

Dia berharap kepada swasta dan masyarakat untuk juga berperan aktif mendukung proses pembangunan sektor pariwisata karena pariwisata bisa terwujud dan kearifan lokalnya dengan memenuhi syarat Sapta pesona wisata antar lain keamanan, ketertiban, kebersihan,kesejukan, keindahan, ramah-tamah dan kenangan. kuncinya ada dimasyarakat selaku subjek dan objek wisata, ” tuturnya.

Di masa Pandemi Covid 19, kita mulai menerapkan kebiasaan baru, bagi desa yang bergerak di bidang desa wisata bisa beradaptasi dan betahan ditengah situasi pandemi dengan menerapkan 3 M menyediakkan tempat mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. (ef/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com