Pilkada Lampura, Aprozi Alam Minta Restu Perwatin Adat

Bagikan
  • 23
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Jelang dibukanya pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampura, yang mulai digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara,pada Senin (08/01/2018) sampai dengan Rabu (10/01/2018), salah satu kontestan Balonbup Lampura, Aprozi Alam, mengundang Perwatin Adat (tokoh adat) Lampung Abung Siwo Migo sekaligus meminta izin dan do’a restu terkait Balon Cawabup, Ice Suryana yang akan mendampinginya dalam pesta Demokrasi Pilkada mendatang.

Undangan dimaksud, dalam masyarakat adat Lampung Abung Siwo Migo lebih dikenal dengan sebutan Pemandai ini, dilaksanakan pada Minggu, (07/01/2018), di kediaman Ketua Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kab. Lampura, Iwan Stiawan Alihasan Puccak gelar Suttan Puccak Migo.

Diketahui, Balonwabup Lampura, Ice Suryana, yang secara resmi akan mendampingi Balonbup Lampura, Aprozi Alam, merupakan istri dari Ketua MPALĀ  Lampura, Iwan Stiawan Alihasan Puccak.

Dikatakan Iwan Stiawan Alihasan, niatan istrinya, Ice Suryana, untuk maju sebagai Balonwabup mendampingi Aprozi Alam dalam pesta demokrasi Pilkada Lampura sudah sepatutnya disosialisasikan dalam wujud permintaan izin serta permohonan maaf (Pemandai) kepada Majelis Penyimbang Adat Lampung.

“Sebagai seorang Penyimbang Adat Lampung, tentunya saya akan berpedoman pada norma dan etika adat-istiadat. Untuk itulah, Pemandai ini dilaksanakan sebagai wujud dari izin dan restu yang saya berikan kepada istri saya, yang juga berkedudukan sebagai Penyimbang Adat, guna mengikuti pesta demokrasi Pilkada Lampura bersama Aprozi Alam,” ujar Iwan Stiawan Alihasan, saat diwawancarai, Minggu, (07/01/2018), di kediamannya.

Dikatakannya, permintaan izin dan restu tersebut juga harus disampaikan sekaligus permintaan permohonan maaf kepada Penyimbang Adat Lampung lainnya.
“Dalam hal teknis pelaksanaan guna menggapai tujuan dalam ajang kontestasi Pilkada Lampura, apabila ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Penyimbang Adat, itu semua semata-mata terkait dalam mekanisme dan dinamika demokrasi. Kelak, apabila terpampang foto dan profil Aprozi Alam bersama istri saya, Ice Suryana, hal itu terkait dalam kegiatan mereka sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara,” paparnya.

Sementara itu, Aprozi Alam menyampaikan alasan dipilihnya Ice Suryana sebagai wakilnya, karena sosok Ice Suryana dipandang memiliki kearifan serta mampu menjadi figur keterwakilan aspirasi perempuan di Lampura.

“Dengan hadirnya Ice Suryana dalam bursa Pilkada Lampura memdampingi saya tentunya dapat menyalurkan aspirasi serta mengakomodir hak-hak perempuan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ice Suryana menyampaikan gagasan akan berupaya optimal guna memajukan dunia pendidikan dengan bermatra pada akhlak, kemandirian ekonomi, serta kebudayaan yang berdaulat. (Efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com