PGRI dan Guru Mengaji Peringati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) bersama Guru Mengaji Tanggamus memperingati HUT PGRI ke-74, dan Hari Guru Nasional (HGN),bertemakan “Peran Strategis Guru Dalam Meningkatkan SDM Indonesia Unggul”, diruang terbuka hijau taman kota, Kota Agung Kabupaten Tanggamus, Selasa (26/11/2019).

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Lampung Heriyanto mengatakan sangat mengapresiasi peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke 74 tahun serta Guru Mengaji, lantaran dinilai sangat berberda dari peringatan yang dilaksanakan di daerah lainnya.

Lanjutnya, peringatan hari guru yang digelar di ruang terbuka hijau Kota Agung ini bukan hanya sebatas ajang peringatan pahlawan tanpa tanda jasa (Guru) semata dan menjadi renungan bersama. Akan tetapi ada suguhan tarian tradisional yang menjadi ajang pelestarian seni budaya juga. Tentunya ini merupakan poin utama mengapa dikatakan berbeda. Selain itu juga adanya pemberian piala kepada para pemenang lomba yang diikuti oleh seluruh SMA/SMK sederajat di kabupaten ini.

Selain itu, Heri juga menegaskan kepada para guru yang hadir, bahwasanya seorang guru adalah ujung tombak dari kemajuan negeri ini. Betapa tidak, dari tangan seorang guru terlahirlah generasi bangsa berkompeten, oleh karenanya seorang guru harus terus meningkatkan kinerjanya dalam bekerja dan selalu melahirkan inovasi dan kreasi dalam mengajar.

“Guru juga tentunya dituntut untuk terus menggali potensi ilmu pendidikannya, karena berdasarkan kurikulum yang baru dan juga harapan dari Kementerian Pendidikan RI. Seorang guru jangan hanya berpatokan pada ilmu yang didapat saat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi saja. Tapi jika ada kesempatan maka tingkatkan lagi, bila perlu belajar lagi agar ilmunya terus bertambah dan bisa diajarkan kepada anak didiknya,” ujar Heriyanto saat memberikan sambutan.

Dirinya juga sangat bangga dengan adanya cetusan program Guru Mengaji. Dengan demikian maka kedepannya tidak akan ada lagi yang namanya buta Al-Qur’an di Kabupaten Berjuluk Bumi Begawi Jejama ini. Dimulai dari para tenaga pengajar dan nantinya diterapkan kepada anak didiknya.

“Sesuai dengan tema pada peringatan HGN kali ini yakni ‘Peran Strategis Guru Dalam Meningkatkan SDM Indonesia Unggul” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus Hamid H. Lubis mengatakan, momentum peringatan HGN ini hendaknya menjadi motivasi bagi para guru yang ada diseluruh penjuru Kabupaten berlambangkan icon Lumba lumba ini, karena dari sanalah generasi bangsa yang memiliki jiwa yang siap dalam menghadapi gempuran era globalisasi saat ini. Seperti yang diketahui semakin tahun persaingan dunia kerja semakin ketat dan sulit, disinilah peran seorang guru sangat besar.

“Sentuhan para guru dalam membimbing anak didiknya untuk menjadi pribadi yang memiliki daya saing yang kuat menghadapi pertaruangan dunia kerja sangatlah penting. Demi kelangsungan pembangunan negara kearah yang lebih baik lagi. Hidup guru,” ujar Mantan Kepala Dinas Pendidikan Tanggamus tersebut.(riz)

/IMG-20210331-WA0003_copy_640x513.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com