Petani Dukuh Lebak Jaya Kotaagung Butuh Irigasi

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Kurangnya debit air untuk pengairan lahan persawahan Pedukuhan Lebak Jaya, Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kotaagung, Tanggamus, berimbas hasil panen tak maksimal, petani harapkan pemerintah kabupaten setempat bangun irigasi permanen.

Menurut tokoh masyarakat Lebak Jaya Dirman, selama ini petaniĀ  hanya mengandalkan aliran air yang dibuat seadanya dengan membendung aliran sungai Way Tuba yang berada disisi timur areal persawahan.

Pembendungan aliran sungai tersebut dilakukan masing-masing pemilik lahan persawahan sehingga pengairan tidak maksimal, bahkan terkadang terjadi percekcokan para petani karena tidak meratanya air yang mengaliri sawah mereka.

“Terkadang debit air sungai kecil sehingga, areal sawah yang dibagian agak tinggi dari bibir sungai, bendungannya tidak kebagian air. Sedangkan bendungan yang teraliri air sungai, hanya mengaliri sawah yang dekat bendungan yang teraliri air itu saja. Nah masalah ini seringkali menjadi percekcokan sesama petani, karena kebutuhan air bagi perkembangan padi sangat vital, imbasnya hasil panen tidak maksimal, bahkan tak jarang gagal panen,” katanya, Minggu (22/10).

Dirman menerangkan, jika ada irigasi permanen, maka permasalahan kurangnya debit air untuk areal persawahan di Lebak Jaya tersebut akan teratasi, bahkan juga dapat mengaliri areal persawahan lainnya yang berlokasi tidak berjauhan dari areal sawah tersebut, dan juga menjadi pasokan air guna pengairan budidaya ikan tawar milik warga.

“Jadi harapan kami Pemkab Tanggamus dapat merealisasikan keinginan warga petani Lebak Jaya ini, karena jika pengairan lancar, maka akan meningkatkan kesejahterakan petani dan warga sekitar, karena hasil panen padi akan lebih maksimal, dan pembudidaya ikan tawar juga semakin berkembang,” terangnya.

Adapun panjang irigasi yang diusulkan sekitar 300 meter dan lebar sekitar 1,5 meter, yang akan mengambil air dari aliran sungai Way Tuba dengan sistem pintu air. Pengusulan pembangunan irigasi ini juga telah dibahas di tingkat petani dan aparat Kelurahan, kemudian proposal dan rencana irigasi juga akan segera dipersiapkan. (sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com