Persemaian Permanen Badan Pengelolaan DAS HL WSS Bagikan Bibit Kacang Macadamia

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Sebanyak 7000 bibit kacang jenis Macadamia, yang tergolong kacang termahal di dunia yang akan dibagikan secara gratis ditahun ini, oleh Persemaian Permanen Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung Way Seputih Way Sekampung (PP BP DAS HL WSS) Lampung, Rabu (15/01/2020).

Menurut Momo Sumarno Manager PP BP DAS HL WSS, menceritakan awal dikembangkannya, penyemaian bibit Kacang Macadamia. Sebanyak 8000 batang bibit yang sudah didistribusikan kepada masyarakat Tani Lampung Barat, dari 15.000 batang yang disemai.

“Jadi yang masih ada saat ini dan siap didistribusikan kepada masyarakat Lampung, khususnya Tanggamus sebanyak 7000 batang bibit. Akan tetapi bagi yang ingin budidaya Kacang Macadamia ada kriteria yang kami terapkan, yaitu lokasi lahan yang ditanami bersuhu 20 derajat Celcius, dan 800 ketinggian tanah. Untuk Tanggamus mungkin kearah pegunungan seperti di Kecamatan Gisting, yang bersuhu 20 derajat,” tuturnya

Kemudian ia menjelaskan, Kacang Macadamia termasuk salah satu jenis kacang yang termahal di dunia, saat ini harga kacang macadamia yang sudah matang dan dikupas Rp450 ribu perkilo, sedangkan yang mentah dan sudah dikupas Rp420 ribu per kilonya.

Hal ini disebabkan harus menunggu 7 – 10 tahun pohon dalam menghasilkan buah. Selain itu juga karena minyak yang dihasilkan biji kacang Macadamia hampir 80 persen, Industri yang menggunakan minyak kacang Macadamia antara lain produk kosmetik, terutama untuk produk perawatan kulit bahan pelembab ekstra untuk kulit yang dapat meremajakan kulit dan rambut.

“Kacang Macadamia berasal dari Australia, ada sekitar 7 species disana, ada juga 1 species tumbuh di Indonesia di Sulawesi. Dari species tersebut hanya dua yang diambil kacangnya dan dapat dikonsumsi, yaitu M. Integrifolia dan M. Tetraphylla. Kacang Macadamia terkenal juga didunia kuliner terutama untuk kacang bahan es krim terkenal,” terangnya.

Momo Sumarmo, SP, menambahkan, bagi warga masyarakat yang berminat membudiyakan Kacang Macadamia silahkan pengajukan permohonan ke PP BP DAS HL WSS yang berlokasi di Pedukuhan Tulung Lango, Way Som, Pekon Kota Agung Kampung, Kecamatan Kota Agung, Tanggamus.

“Bagi masyarakat Lampung khususnya Tanggamus yang ingin membudidayakan kacang macadamia silahkan ajukan permohonan kepada kami, dengan mengisi formulir yang kami sediakan. Bisa melalui kelompok tani, intansi pemerintah, lembaga pemerintah maupun swasta ataupun perorangan umum juga boleh mengajukan permohonan bibit. Akan tetapi untuk permintaan bibit tidak semua satu jenis pohon, akan tetapi juga kami berikan bibit lainnya yang ada dipersemaian ini, ” imbuhnya.

Untuk mengetahui lebih detail informasi Persemaian Permanen masyarakat Lampung bisa mengakses melalui media sosial Facebook akun Persemaian Tanggamus. Juga mengakses IG PP_bpdashl_lampung, email PPtanggamus@gmail.com atau watshapp no 082182775048/085669683515.( Riz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com