Pengurus Kerukunan Masyarakat Batak Lampung Utara Dikukuhkan

Bagikan
  • 16
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Hotel Graha Wisata Kotabumi,Lampung Utara. Telah dilaksanakan pengukuhan atau pelantikan Kepengurusan Kerukunan Masyarakat Batak Lampung Utara (KERABAT) periode 2017-2022, oleh Bupati H.Agung Ilmu Mangkunegara. ini, serta SKPD Lampung Utara, Rabu (05/04/17).

Ketua Pelaksana KERABAT Lampung Utara, Ir.Leonard Sitompul, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Lampung Utara dan seluruh pihak yang membantu pelaksanaan acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus KERABAT Lampung Utara, Sesuai dengan Surat Keputusan Nomor. 019/SK/Kerabat.Lpg/III.2017.
Dalam sambutannya Ketua terpilih David Siburian, ST. mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya menjadikannya Ketua Umum KERABAT Lampung Utara, dan masih membutuhkan bantuan untuk terus bekerja dan melaksanakan tugas dengan baik.
“Kami Suku Batak sangat menghargai perbedaan yang ada di Kabupaten Lampung Utara, karena perbedaan merupakan kekayaan yang harus dibanggakan” ujarnya.

Ketua Umum KERABAT Provinsi Lampung, Donald Harris Sihotang, mengucapkan selamat kepada Ketua Umum KERABAT Lampung Utara dan jajarannya yang baru saja dilantik pada hari ini. Organisasi KERABAT merupakan organisasi sosial, serikat tolong-menolong, agar bekerja dan berbuatp untuk organisasi, dalam memajukan Kabupaten Lampung Utara.
“Jaring komunikasi yang baik, jaga persatuan dan kesatuan dan terus melestarikan adat budaya” Katanya
Menurutnya, Organisasi ini bukan hanya tempat untuk berkumpul tetapi juga harus memberikan suatu arti serta kebaikan bagi lampung Utara, karena Lampung Utara milik seluruh komponen masyarakat, termasuk juga masyarakat tang berasal dari tanah batak
Acara tersebut dilanjutkan dengan penyerahan Cindera Mata (Ulos) Kepada Bupati Lampung Utara.
Dalam sambutannya, Bupati Lampung Utara mengucapkan selamat kepada Ketua Umum KERABAT Lampung Utara yang baru dilantik serta merasa bahagia karena dapat berkumpul bersama dengan Keluarga Besar masyarakat Batak dalam suasana yang damai, kekeluargaan dan penuh keakraban, serta merasa bangga kepada masyarakat Batak yang ada di Lampung Utara ini dapat menjaga kerukunan dan keharmonisan yang merupakan salah satu modal dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Lampung Utara.
“Melalui Pelantikan/Pengukuhan Pengurus Kerukunan Pengurus Masyarakat Batak Lampung Utara (KERABAT) ini diharapkan dapat mempererat hubungan silaturahmi, dan KERABAT dapat berkontribusi dalam mendukung jalannya berbagai program pemerintah Kabupaten Lampung utara” Kata Bupati Lampung Utara
Selain itu, Bupati Lampung Utara ini menjelaskan bahwa Kabupaten Lampung Utara merupakan yang terdiri dari berbagai suku dan agama, salah satunya suku Batak. Dari berbagai suku dan agama yang Lampung Utara miliki, harus dijadikan modal pembangunan sekaligus mempererat persatuan dan kesatuan serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan menghormati Hak Asasi Manusia, dengan memberikan dukungan dalam mewujudkan kerukunan dan kenyamanan di Lampung Utara.
Program Pemerintah dibidang keagamaan bukan hanya agama islam saja, tetapi juga ada program Perjalanan Rohani bagi umat beragama lainnya, seperti Katholik, Kristen, Hindu dan Budha, yang diharapkan dapat meningkatkan keimanannya dan dapat menyalurkan pengalaman rohaninya bagi umat beragama lainnya. Selain itu, ada program bantaun pemeliharaan sarana ibadah seperti Masjid, Gereja, Pura dan Wihara yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan mental spiritual masyarakat.
Menurutnya, walaupun sudah banyak yang dilakukan namun lebih banyak yang belum dilakukan, mengingat pelaksanaan pembangunan harus bergiliran, sehingga membutuhkan waktu dan tahapan-tahapan dalam mewujudkannya. Oleh karena itu, Beliau mengajak kepada seluruh masyarakat Lampung Utara dari berbagai suku dan agama agar dapat saling mendukung proram-program Pemerintah.
Diakhir sambutannya, Bupati muda ini mengajak kepada semua masyarakat dan perkumpulan adat lainnya yang ada di Lampung Utara, termasuk masyarakat Batak dapat berperan aktif dalam membangun Kabupaten Lampung Utara yang maju dan sejahtera.
“Mari kita bersatu padu, saling bekerjasama, saling menghargai dan saling menjaga tali silaturahmi demi memajukan Kabupaten yang kita cintai ini” Pungkasnya.
Dalam wawancara, Ketua KERABAT Lampung Utara siap mendukung berbagai program-program yang telah dicanangkan Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP, MH.
“Kami akan terus mendukung program-program Pak Agung, saat ini kami sudah merasakan program-program yang telah dilaksanakan, salah satuya program dalam bidang keagamaan yaitu Perjalanan Rohani bagi Umat Non Muslim, karena sebagian besar masyarakat Batak Lampung Utara menganut agama Nasrani, Pak Agung lah Bupati yang pertama kali mengeluarkan program ini” Kata David Siburian.

Efry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com