Pencairan Dana Bedah Rumah, Kades: Jangankan Duit, Baunya pun Tak Ada

Bagikan
  • 19
  •  
  •  
  •  
  •  

KOTABUMI (HS) – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Lampung Utara kembali ditemukan adanya kejanggalan dalam hal pencairan dana. Proses itu (pencairan) tampaknya dikerjakan oleh sekelompok orang tanpa melibatkan penerima bantuan.

Seperti di Desa Kali Cinta, Kecamatan Kotabumi Utara, penerima bantuan diketahui tidak dilibatkan dalam proses pencairan dana, dari setiap kelompok yang beranggotakan 15 perkelompoknya 3 atau 5 penerima dibuatkan buku rekening perwakilan sebagai wadah suplay dana dari pemerintah untuk bayar upah tukang.

“Kalau pencairan dana, dari 15 anggota disuruh 3 sampai 5 orang untuk buka rekening itukan pakai dana pribadi, pencairan dana itupun untuk bayar upah tukang,” jelas Ketua Kelompok di Kali cinta, JM kepada wartawan media ini.

Dari jumlah Rp15 juta, lanjut JM, penerima bantuan BSPS mendapatkan bahan material dengan nominal sebesar Rp.12,500,000, sisanya Rp.2,5 juta untuk upah tukang. “Mereka terima barang di tempat, gak tau siapa yang mencairkan, warga hanya terima barang saja, kami hanya mencairkan dana untuk upah tukang dengan rekening yang kami buat,.” lanjutnya.

Prosesi mendapatkan bantuan, terbilang sangat mudah karena hanya dengan materai 2 lembar bantuan bahan material membangun rumah sudah bisa di dapatkan. “Kami kelompok 1 diminta materai 2 lembar, pernyataan pemohon bantuan bedah rumah (BSPS). Sudah selesai kami hanya tanda tangan saja, untuk buku rekening gak ada, bukan kami yang mencairkan, kami hanya terima barang material saja,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Kali Cinta, Hartono menjelaskan, di desanya mendapat program BSPS sebanyak 30 unit rumah, dirinya mengaku hanya melihat dan tak dilibatkan dalam program tersebut.

“Kepala desa hanya melihat, tidak dilibatkan sama sekali. Kita cuma nyiapin berkas aja, siapa yang dapat foto copy KK, KTP, habis itu mereka berlanjut dengan pertemuan sendiri. Jangankan duit, bau nya aja gak ada.” kata Kades

Mekanisme seharusnya warga penerima BSPS seharusnya turut terlibat langsung dalam pengambilan dana karena ada proses tanda tangan penerima, namun yang terjadi ditengarai dapat diwakilkan oleh beberapa orang.(efri).

(Visited 111 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hariansumatera.com
MENUMENU