Pemkab Way Kanan Perhatikan ODKB

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Way Kanan (HS) – Sebanyak 30 warga di Kabupaten Way Kanan yang menyandang status orang dengan kecacatan berat (ODKB), mulai tahun ini mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah setempat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan, bahwa program bantuan ekonomi untuk para penyandang disabilitas berat tersebut,  baru kali pertama dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan sejak kepemimpinan Raden Adipati Surya – Edward Antony.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan Pardi, SH. melalui Kasi Penanganan dan Perlindunganan Sosial Korban Bencana dan Pekerja Migran Dinsos, Warsino menjelaskan, bahwa Bupati Raden Adipati Surya tahun ini telah menganggarkan dana untuk program para penyandang ODKB  yang bersumber dari APBD Pemkab Way Kanan tahun anggaran 2017.

“Penyandang ODKB yang berhak mendapat bantuan ini adalah mereka yang kondisinya sudah tidak berdaya lagi, hanya bergantungan hidup dengan orang lain. Karena itu, melalui program ini Bupati Adipati ingin membantu para warganya yang benar-benar butuh bantuan untuk menunjang kebutuhan hidupnya,” urai Warsino, Kasi Penanganan dan Perlindunganan Sosial Korban Bencana dan Pekerja Migran Dinsos Way Kanan.

Tahun 2017 ini, kata dia, Bupati telah menganggarkan dana bantuan kepada 30 orang penyandang disabilitas berat daerah setempat. Dimana, masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp. 375.000,-/tahap. Dalam setahun diberikan bantuan 4 tahap.

Yang sudah mendapatkan bantuan tahap I itu, antara lain: sebanyak 3 orang di Kecamatan Pakuan Ratu, 5 orang di Negara Batin, 1 orang di Negeri Besar, 4 orang di Bahuga, 1 orang di Way Tuba, 3 orang di Buay Bahuga, 2 orang di Bumi Agung, 6 orang di Kasui, 1 orang Rebang Tangkas, 2 orang di Baradatu, 1 orang di Banjit dan 1 orang di Kecamatan Blambangan Umpu.

Lebih jauh dijelaskan Warsino, mereka yang dibantu ini sudah menyandang ODKB selama puluhan tahun. Penyebabnya, rata-rata ketika balita mereka terkena panas yang luar biasa hingga saraf tubuhnya mati.

Warsino berharap, untuk tahun 2018 mendatang,  Bupati Raden Adipati Surya kembali menambah kuota untuk jumlah bantuan disabilitas berat  yang akan dibantu. Sebab, berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, di Way Kanan terdapat 150 warga penyandang ODKB.

“Kita akan mengajukan di tahun 2018 untuk Pak Bupati, bisa menambah kuota bantuan disabilitas untuk 150 orang. Kemudian menaikkan nilai bantuan dari Rp. 375.000,-/tahap menjadi Rp. 500.000,-/tahapnya,” pungkasnya. (MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com