Pemkab Tanggamus Bersama Asponak Gelar Bazar Hewan Qurban

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Gisting (HS),- Menjelang Hari Raya Iedul Adha, Asosiasi Kelompok Peternak (Asponak) menggelar bazar murah hewan Qurban di Rest Area Gisting kabupaten Tanggamus, Berbagai jenis hewan Qurban asli peliharaan petani Tanggamus diantaranya kambing dihargai mulai dari Rp.2juta hingga Rp.3juta rupiah, sesuai dengan ukuran. Bazar hewan Qurban ini dibuka oleh bupati Tanggamus Dewi Handayani, Selasa (06/08/2019)

Menurut Soni Isnaini Kadis Pertanian dan Peternakan didampingi Retno Noviana Kadis Pariwisata menjelaskan, bahwa bazar hewan Qurban ini dalam rangka :

Pertama penyediaan hewan Qurban yang baik, sehat dan sesuai dengan syariat untuk Hari Raya Iedul Adha tahun 1440 hijriah.

Kedua untuk memasarkan hewan ternak terutama kambing, dari peternak kabupaten Tanggamus, yang tersebar dari Kotaagung Timur, Gisting, Sumberejo, Talang Padang, Air Naningan dan semua wilayah kami undang kesini.

Selanjutnya Soni menjelaskan bahwa bazar hewan Qurban dikordinir oleh Asponak, tentunya melibatkan kelompok tani yang begerak dibidang peternak kambing. Hewan qurban yang dijual sudah di periksa yang secara syariah terutama dari umur dan kesehatan, ucapnya.

Hewan qurban yang dibawa sekarang sebanyak 200 ekor, selain itu dikandang para peternak masih tersedia. Sementara permintaan dari luar Tanggamus sudah mencapai 4.425 ekor. Bazar hewan ini hanya hanya diselenggarakan satu hari, sedangkan kalau pemesanan sampai hari H Iedul Adha tetap dilayani.

Bupati Tanggamus Dewi Handayani mengatakan tentang harapan peternak, untuk mengadakan tempat atau pasar husus jual-beli ternak untuk para peternak di kabupaten Tanggamus, sehingga masyarakat mudah untuk mendapatkan produk peternakan.

Saat ini memang belum ada pasar ternak, namun kedepan secara bertahap akan diupayakan mengenai aspirasi para peternak, sekarang yang dilakukan secara temporer lihat momentum seperti saat ini menjelang Hari Raya Iedul Adha, kata Bupati.

Harapan saya, kedepannya agar bisa dipermanenkan tidak hanya dalam momen Iedul Adha saja, akan tetapi memang ada pasar ternak. Agar nantinya para pembeli tidak hanya dari kabupaten Tanggamus, terapi kabupaten lain bahkan Porovinsi lain dan tingkat nasional agar Tanggamus terkenal sebagai pasar ternak berkualitas. Kata Bupati Dewi.

Terkait kesehatan hewan Qurban yang ada direst area Gisting, Dewi Handajani menegaskan, bahwa otomatis dengan ada nya pasar ternak ini, ternak yang di perjual belikan sudah lewat secriming, paling tidak sudah diperhatikan juga kesehatanya, pemeriksaan dan sebagainya. Sehingga memang layak dijual sebagai hewan Qurban.

Masyarakat ketika akan membeli hewan Qurban maka disinilah tempatnya, karna ternak ternak yang diperjual belikan adalah ternak yang terjamin sesuai syariat islam. pungkasnya ( reza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com