Pemerintah Tanggamus Respon Pendangkalan Kali Bego

Bagikan
  • 16
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat merespon cepat pendangkalan sungai atau kali “Bego”, dan menormalisasi kali yang berada di Kelurahan Pasar Madang, Kota Agung, Tanggamus, tersebut.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Romasyadi, terkait adanya harapan masyarakat seputaran sungai atau kali “Bego” agar Pemkab Tanggamus normalisasi, telah di tindaklanjuti oleh BPBD Tanggamus, dengan langsung menurunkan tim mensurvey lokasi.



Dari hasil survey, memang pendangkalan yang terjadi sudah sangat mengkhawatirkan, karena permukaan air kali sudah hampir rata dengan bibir kali. Dan imbas yang dikhawatirkan sekali, jika terjadi banjir, yang pertama terkena dampaknya adalah puluhan hektare lahan persawahan di sisi kiri kanan kali “Bego” tersebut, dan terancam banjir.

“Maka setelah berkoordinasi dengan pihak aparat setempat, kondisi pendangkalan kali bego tersebut kami laporkan kepada kepala daerah, yaitu Wakil Bupati Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I, dan beliau langsung merespon untuk segera di normalisasi, jadi kita juga patut mengapresiasi beliau yang cepat tanggap permasalahan masyarakatnya ini,” katanya, Minggu (15/10).

Romasyadi menerangkan, adapun sifat pengerjaan normalisasi yang akan dilakukan adalah pengerjaan tanggap darurat, yakni pengerahan alat berat eksavator, untuk pengerukan dasar sungai atau kali, dan penguatan dinding kali. Sedangkan normalisasi secara permanen, berupa penaludan dinding kali dan pembangunan bendungan kali telah diusulkan Pemkab Tanggamus ke Pusat, yang realisasinya diharapkan di tahun 2018 terlaksana.

“Jadi pengerjaan normalisasi kali bego ini, akan kita kerjakan dalam bulan ini juga, dan sifatnya pengerjaan tanggap darurat, karena kondisi pendangkalan kali tersebut sudah harus segera di normalisasi. Alat berat saat ini sedang melaksanakan normalisasi sungai way belu yang banjir kemarin, jadi setelah beres pengerjaan di way belu, langsung ke kali bego,” terangnya.

Romasyadi mengharapkan, saat pengerjaan normalisasi nantinya, ada dukungan penuh dari aparat Kelurahan Pasar Madang dan Pekon Terbaya, khususnya masyarakat setempat. Karena yang akan beraktifitas di lokasi adalah alat berat, sehingga membutuhkan akses jalan masuk yang cukup mengganggu aktifitas warga.

“Ya, kami mohon kepada aparat setempat dan masyarakat untuk membantu dan mendukung personil kami yang melaksanakan normalisasi, tolong jaga alat berat yang betaktifitas dan juga keamanannya, agar pengerjaan normalisasi berjalan sesuai rencana dan lancar,” imbuhnya.

Diberitakan, pendangkalan sungai atau kali “Bego” Pedukuhan Lebak Jaya, Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kota Agung, Tanggamus semakin parah, Dua Pedukuhan setempat dan puluhan hektare sawah terancam banjir bandang.

Pasalnya, sedimentasi yang yang terjadi di muara kali Bego tersebut telah diambang titik nadir dan sangat mengkhawatirkan, karena permukaan air sudah rata dengan tanah, imbas dari lumpur yang terbentuk dari tumpukan sampah yang mengendap menjadi sedimen.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat setempat, yakni Sudirman Ketua RT 17 Kelurahan pasar madang, sudah saatnya Pemerintah Daerah (Pemda) Tanggamus memperhatikan kekhawatiran masyarakatnya. Karena usulan agar Pemda membangun dan menormalisasi kali “Bego” tersebut sudah pernah di hantarkan oleh masyarakat sejak tahun 2011 lalu.

Namun realisasi pembangunan dan normalisasi tak kunjung juga dilaksanakan oleh Pemda, bahkan sepertinya Pemda terkesan mengesampingkan permasalahan harkat hidup masyarakat, yang hampir mayoritas rakyat kecil tersebut.

“Bagaimana kami tidak mengatakan mengesampingkan atau menyepelekan usulan kami tersebut, karena tiap kali musyawarah Kecamatan selalu dibahas. Kemudian Pemda melalui dinas terkait juga sudah sering meninjau, bahkan mengukur-ukur kali bego tersebut, tapi ga ada tindak lanjutnya,” katanya, Rabu (11/10). (sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com