Pembangunan Ruang PAUD di Desa Sawojajar Lampura Ini Lari dari RAB dan Gambar

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Pekerjaan penambahan pembangunan dua ruang gedung Paud, Desa Sawojajar, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara, yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2020 dikerjakan tidak sesuai Rancangan Anggaran Belanja ( RAB ) dan Gambar.

Ditemukan tidak samanya antara Rab dan gambar diduga ada faktor kesengajaan yang dibuat oleh pendamping teknis desa setempat, ini dapat dilihat fakta di lapangan yang benar ditemukan salah satu item tidak dikerjakan, Jumat, (03/9/20).

Saat ditelusuri media ini lebih dalam dengan mencocokan sesuai data RAB dan Gambar yang telah tersusun dalam APBedes diduga benar – benar sangat disengaja.

Sangat disayangkan, yang tertulis di RAB pekerjaan penambahan gedung baru 2 ruangan kelas, sesuai papan informasi tertulis jelas, pembangunan ruang kelas baru ada item perbedaan nomenklatur yang terindikasi manipulasi data secara administrasi sengaja dilakukan.

Kepala Desa Sawojajar, Mulyanto saat di konfirmasi dikantor desa, mengatakan dirinya selaku kepala desa hanya mengetahui adapun yang membuat gambar dan menyusun Rancangan Anggaran Belanja semua di lakukan oleh pendamping teknis desa. Ia hanya sekedar mengetahui bahan masuk dan apa yang diperlukan sesuai kebutuhan bangunan saja.

“Ya benar mas, memang ada kesalahan dalam penyusunan Rab dan Gambar, itu yang buat pendamping teknis,” katanya.

Lebih lanjut Mulyanto menjelaskan, bahwa kemungkinan tim pendamping teknis dalam pembuatan Gambar copy paste desa tetangga.

“Kemungkinan tim pendamping teknis itu copy paste dengan desa yang lain mas, itu pun mungkin saja,” Jelasnya.

Atas keterangan selanjutnya ada kejanggalan apa yang di katakan Kades Mulyanto, bahwa semua kesalahan akan di perbaiki dalam perubahan APBedes, bahkan ia mengatakan kesalahan yang sekarang itu belum di masukkan APBdes.

“Akan kita perbaiki mas di APBdes Perubahan, tapi setau saya saat ini rincian dan gambar belum dibuat apbdes nya,” Terangnya.

Disini kejanggalan sangat terlihat jelas, dengan apa yang dikatakan kades Mulyanto, bahwa pekerjaan tersebut belum dibuat APBdes dan akan segera memperbaiki semuanya dalam APBdes perubahan.

Dalam permasalahan ini yang bertanggung jawab tim pendamping teknis Muslim, saat akan di konfirmasi via Whatsapp no 081274353xxx belum ada jawaban. (efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com