Paripurna Persetujuan DPRD dan Pendapat Akhir Kepala Daerah Atas RAPBD 2020 Kabupaten Tanggamus

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanggamus Penyampaian Persetujuan DPRD dan Pendapat Ahir Kepala Daerah dan penandatanganan persetujuan Atas RAPBD tahun 2020 Kabupaten Tanggamus, Jum’at (29/11/2019).

Paripurna Pengesahan APBD 2020 dipimpin oleh Ketua DPRD Heri Agus Setiawan dan dihadiri Forkopimda, Wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i, Seketaris Daerah Hamid Hariansyah Lubis.

Rapat paripurna RAPBD 2020 dihadiri 43 orang, Pimpinan dan Anggota DPRD.
laporan hasil pembahasan disampaikan juru bicara Banggar Didik Supriyanto.

Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani dalam pidato penyapain pendapat mengatakan, Penyusunan RAPBD tahun 2020 telah disesuaikan dengan arah kebijakan pokok Pembangunan Kabupaten Tanggamus yang merupakan prioritas dan tertuang dalam KUA-PPAS Tahun Anggaran 2020.

Selanjutnya, secara umum APBD tahun 2020, disusun dan disesuaikan dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan dan kemampuan keuangan daerah. Hal ini juga disesuaikan dengan visi dan misi Pembangunan Kabupaten Tanggamus yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanggamus tahun 2018-2023, menyesuaikan dengan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Lampung, ungkap Bupati.

Dalam Raperda tentang APBD Kabupaten Tanggamus tahun anggaran 2020, telah tersusun struktur APBD terdiri dari Pendapatan, Belanja maupun Pembiayaan.

Secara garis besar Raperda APBD Kabupaten Tanggamus tahun 2020, sebagai berikut:

  1. Pendapatan Daerah Kabupaten Tanggamus tahun 2020 sebesar Rp.1,90 Trilyun, terdiri dari Pendapatan Asli Daerah Rp.117,79 Miliar, Dana Perimbangan Rp.1,20 Miliar dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah Rp.584,16 Miliar.
  2. Belanja Daerah Kabupaten Tanggamus tahun 2020 sebesar Rp.1,90 Trilyun, Secara garis besar untuk pembiayaan program prioritas, dalam melaksanakan 55 Rencana Aksi Desa Asik, dusamping untuk pemenuhan kewajiban pemerintah daerah yang diatur dalam perundang-undangan, seperti: -.Pengalokasian Dana Desa. -.Peningkatan angggaran dan fungsi pendidikan -.Peningkatan anggaran kesehatan untuk pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan dengan anggaran Jaminan Kesehatan Nasional BPJS sebesar Rp.24 miliar. -.Infrastruktur. -.Peningkatan kapasitas SDM dan Penguatan APIP.
  3. Pembiayaan Darah Kabupaten Tanggamus tahun 2020 secara total sebesar Rp.1,8 Miliar, yang digunakan untuk penyertaan modal (investasi) Pemerintah Daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah yaitu Bank Perkreditan Rakyat Syariah Tanggamus sebesar Rp.800 juta, dan PT Bank Lampung Rp.1 Miliar.

Dengan kondisi tersebut RAPBD Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 dalam kondisi seimbang antara Pendapatan Daerah, Belanja Daerah, Ungkap Bupati Dewi Handajani.

Mengakhiri sambutannya Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pimpinan Dewan dan Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus yang telah melakukan pembahasan dan hari ini dapat disetujui bersama.

Selanjutnya, kepada seluruh OPD , Bupati minta untuk memperhatikan dan menindak lanjuti seluruh sumbang saran, pendapat dan rekomendasi dari Pimpinan dan Anggota DPRD. Baik dalam rapat Badan Anggota, rapat Komisi maupun Pandangan Fraksi dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan tugas-tugas pemerintahan dalam melayani masyarakat, Ujar Dewi Handajani.(Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com