Motor Hilang, Kantor Pengelola Parkir di RS Ryacudu Kotabumi Ini Kosong Melompong

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KOTABUMI (HS) – Kantor PT. Guardian Oto Solusi, pihak ketiga (Swasta) pengelola parkir RSUD Ryacudu, yang terletak di Kelurahan Gapura, Kotabumi, Lampung Utara, saat disambangi oleh awak media sepi tidak berpenghuni, ketika mencoba untuk menghubungi nomor telepon 0852 2151 xxx5 yang tertera di dalam spanduk depan kantor tersebut tidak menjawab. Jum’at (9/08/19).

Berdasarkan data yang dihimpun, Terkait tanggung jawab perusahaan pengelola parkir jika terjadi kehilangan kendaraan atau kerusakan kendaraan saat berada dilahan parkir elektronik.

Pihak perusahaan pengelola lahan parkir elektronik di RSUD H.M. Ryacudu Kotabumi dalam hal ini PT. Oto Guardian Oto Solusi (GOS) bekerja sama dengan pihak asuransi dan memiliki perjanjian yang tertuang dalam MoU.

Dimana jika terjadi kehilangan atau kerusakan kendaraan maka perusahaan akan melakukan penggantian atau perbaikan kendaraan sebesar 90 hingga 95 persen, yakni dengan rincian sebagai berikut, Jiak hilang 90 persen dari nilai kendaraan akan ditanggung asuransi. Sedangkan jika ada kendaraan yang rusak tanggungan asuransi mencapai 95 persen.

Dengan begitu, kehilangan kendaraan di lokasi parkir milik konsumen, pemilik tempat lahan parkir tidak bisa melepaskan tanggung jawab begitu saja. Pemilik tempat parkir dapat digugat secara perdata karena Perbuatan Melawan Hukum berdasarkan Pasal 1365, 1366, dan 1367 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPer).

Adapun pasal 1365 yang berbunyi, Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut.

Sementara itu pasal pasal 1366, Setiap orang bertanggung jawab, bukan hanya atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan kelalaian atau kesembronoannya.

Sedangkan pasal 1367 berbunyi, Seseorang tidak hanya bertanggung jawab, atas kerugian yang disebabkan perbuatannya sendiri, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan orang-orang yang menjadi tanggungannya atau disebabkan barang-barang yang berada di bawah pengawasannya.

Diberitahukan sebelumnya, Doni Riyadi warga Kelurahan Kota Alam Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara, mengeluhkan pihak pengelola parkir atas kehilangan satu unit sepeda motor honda Tiger yang terparkir di RSDM.Ryacudu Kotabumi, kamis (8/8/2019) dini hari.

Kehilangan itu diperkirakan pada pukul 03.00WIB, saat dirinya (Doni) sedang bertugas shift malam di RSUD Ryacudu. Ketika dirinya hendak pulang pada pukul 06.00WIB pagi, dia tidak menemukan sepeda motornya di parkiran ditempat biasa dia memarkirkan sepeda motornya yakni Honda Tiger berplat nomor BE 4890 Y.

Sontak mengetahui itu ia kaget dan berusaha mencari kendaraan miliknya, karena tidak juga ketemu kemudian Doni melapor ke Polisi dengan nomor laporan STPL/552/B-1/VIII/2019 SPKT RES LU.

“Dengan begitu biar pihak kepolisian yang mengusutnya dan meminta pihak pengelola untuk bertanggung jawab. Saya meminta pihak pengelola parkir bertanggung jawab atas hilang nya motor saya, telah kami laporkan dengan pihak kepolisian,” Tukasnya.

Ditempatkan yang sama, pengawas pekerja pengelola parkir, Junaidi, mengaku kalau dirinya hanya bertugas mengawasi pekerja, mengenai penanggung jawab itu wewenang pihak PT.Guardian, “saya cuma pengawas aja, kalau soal (ganti rugi) itu pt yang punya haknya,” ucapnya.(Efri).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hariansumatera.com
MENUMENU