Kecamatan Abung Selatan Monitoring DD 2019 di Desa Bumi Raya

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KOTABUMI (HS) – Pemerintah Kecamatan Abung Selatan, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) program pembangunan yang dilaksanakan perangkat desa Bumi Raya, Kecamatan Abung Selatan, kabupaten setempat yang menggunakan dana desa (DD) tahun 2019.

Camat Abung Selatan, Syahrullah, yang diwakilkan tugas oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Anom Sauni, menggelar monev secara bergantian ke 16 Desa, selain mengecek secara langsung pembangunan fisik, monev tersebut juga mengecek tertib administrasi yang dilaksanakan aparat desa khususnya desa Bumi Raya. Rabu, (21/08/19). Pukul 13’00 Wib.

Menurut Sekcam Abung Selatan, Anom, monev merupakan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
Tujuan pelaksanaan monev ke masing-masing desa terkait pelaksanaan pembangunan di desa menggunakan dana desa, agar tidak terjadi penyimpangan. Monitoring ini, menurut Anom agar aparat desa bisa tertib dalam bidang administrasi program pembangunan yang menggunakan dana desa.

“Pelaksanaan monev di 16 desa yang ada di Kecamatan Abung Selatan dilaksanakan mulai Senin lalu. Hari ini mulai melakukan monitoring di Desa Bumi Raya, yang digunakan untuk perbaikan infrastruktur jalan rabat beton, Siring pasang bata, sumur bor, gorong-gorong, gedung serba guna (GSG) dan lainya,” kata Anom.

Lebih lanjut Anom mengatakan, monitoring dan evaluasi program pembangunan yang menggunakan dana desa sesuai arahan Bupati Lampung Utara, Bupati berpesan agar dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke desa-desa bisa mempercepat pembangunan desa dan berdampak positif untuk kesejahteraan masyarakat.

Kepada Kepala Desa Bumi Raya, Marpian, Anom berpesan agar desa memanfaatkan dan menggunakan anggaran dana desa sebaik-baiknya untuk pembangunan desa. Kehangatan Baik itu pembangunan jalan dan gedung serta fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat.

“Kami melaksanakan monev, setiap selesai semesteran, kami akan cek hasil pembangunan dan adminitrasinya. Hal ini agar tidak terjadi penyimpangan sesuai arahan bapak Bupati Lampung Utara,” Tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bumi Raya, Marpian, menyambut baik dengan tim monitoring dan evaluasi yang dilakukan pihak kecamatan.

“Memang seperti ini seharusnya. Karena biar tahu kerja pemerintahan desa, dan jangan sampai ada bahasa pencairan diserap, tapi gak ada fisiknya. Alhamdulillah, dari Kecamatan sudah mengontrol seperti ini, jadi lebih bagus dan sistem kerjanya bisa lebih mantap lagi,” Kata Marpian.

Marpian, menjelaskan, DD tahap I dan 2 atau 60 persen dari total keseluruhan Dana Desa yang dianggarkan untuk Desa Bumi Raya, pihaknya masih fokus pada infrastruktur rabat beton serta Gedung serba guna (GSG) siring pasang dan lain lain.

“Sebelum jalannya dibangun, masyarakat susah karena sebelumnya jalan tanah yang mengarah ke tempat pemakaman umum (TPU). Bahkan kalau musim hujan tidak bisa dilewati kendaraan bermotor. Alhamdulillah, sekarang sudah bagus,” tambahnya.(Efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com