LP Kotabumi Musnahkan Barang Terlarang

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Kotabumi (HS) – Dalam rangka memperingati hari kesadaran nasional Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabumi Lampung Utara memusnahkan barang terlarang yang berhasil diamankan dari para narapidana. Rabu (17/05/17).
Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabumi Damari, mengatakan sebelum dilakukan tindakan tegas pihaknya terlebih dulu memberikan peringatan kepada seluruh narapidana untuk tidak menggunakan barang-barang terlarang sebagai mana peraturan yang ada di LP.
“Setelah diberikan peringatan dan diminta untuk mengembalikan barang terlarang seperti HP ini ke keluarga tapi setelah dilakukan pemeriksaan masih saja didapati maka kita ambil tindakan tegas untuk mengamkannya,” ujar Damari.
Dengan diberikan tindakan Tegas lanjut Damari, diharapkanq para napi dan tahanan bisa lebih mengerti bahwa mereka sedang berada di dalam binaan bukan sebagai warga yang bebas melakukan aktivitas karena mereka masih menjalani hukuman dari keputusan pengadilan.
“Untuk itu kita harapkan kepada pihak keluarga bisa juga mengerti kalau salah seorang keluarganya masih dalam binaan yang harus mengikuti setiap aturan yang ditetapkan di LP. Dan para napi bisa lebih menyadari kalau diri mereka sedang dalam proses pembelajaran untuk lebih baik ketika berada di tengah-tengah masyarakat,” Katanya.
Dilanjutkan Kepala Subsi Binkemaswat Lapas Kelas II A Kotabumi A Hasrin, ‎sebagai mana ketentuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia bahwa peraturan-peraturan tentang Lapas dan isinya telah dan harus ditaati oleh seluruh pegawai dan penghuni Lapas. Oleh karena itu jajarannya telah melakukan berbagai upaya untuk menciptakan kenyamanan dan ketentraman terhadap penghuni lapas.
“Langkah itu diantaranya dengan memberikan peringatan dan tindakan tegas agar memberikan efek jera terhapat pelanggaran yang telah dilakukan dilingkungan Lapas,” kata A Hasrin.
Dan hari ini, Rabu 17 Mei 2017 Lapas Kelas II A Kotabumi melakukan pemusnahan barang-barang terlarang seperti HP karena penghuni Lapas dilarang keras untuk tidak terlibat Halinar (HP, Pungli dan Narkoba)‎.
“Sebagaimana disampaikan Kalapas, bahawa kita telah memberikan imbauan terlebih dulu dan memberikan peringatan lalu mengambil tindakan tegas. Untuk pemusnahan yang dilakukan sedikitnya lebih dari 100 unit HP telah dimusnahkan,” ujarnya.
‎Selain itu, lanjut dia, pihak Lapas Kelas II A Kotabumi juga telah menyampaikan kepada pihak keluarga supaya tidak memberikan barang-barang terlarang terhadap narapidana. Hal itu menurutnya guna meningkatkan kesadaran diri bagi para napi dan mencegah adanya pungli dilingkungan Lapas, Karena pihak Lapas telah memberikan banyak waktu untuk pihak keluarga berkunjungan ‎menjenguk kerabatnya di Lapas tersebut walau diakuinya jam besuk itu tidak dilakukan setiap hari namun ada hari liburnya.
“Jam besuk untuk keluarga itu dari jam sembilan sampai jam dua. Untuk tanggal merah kita libur, tapi pada hari-hari besar kita persilahkan, seperti hari raya kita buka,” jelasnya.
Ditambahkannya, dalam melakukan pembinaan terhadap napi petugas Lapas telah membuka ruang untuk mereka berbuat sesuatu yang positif seperti kegiatan-kegiatan keagamaan dan kesenian dilingkungan Lapas.
“Pada 27 April 2017 lalu, bertepatan dengan ulang tahun lembaga pemasayarakat yang ke-53 napi kita ikut dalam lomba pengajian yang dilaksanakan se Indonesia,” pungkasnya. (Efri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com