‘Lampura Sadar Memilih’, Tema Pilkada 2018 Lampung Utara

Bagikan
  • 15
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara akan segera melaksanakan launching Pilkada Lampura 2018.

Hal ini terkait dengan hajat demokrasi pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

Dikatakan anggota Komisioner KPU Lampura, Mad Akhir, tema yang diambil dalam kegiatan launching Pilkada Lampura 2018 yaitu “Lampura Sadar Memilih”.

“Filosofi yang terkandung dalam tema Launching Pilkada Lampura 2018 mendatang adalah menggugah partisipasi aktif masyarakat untuk menggunakan hak suaranya pada pelaksanaan hajat demokrasi lima tahunan tersebut,” ujar Mad Akhir, saat diwawancarai, Rabu, (29/11), di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, kegiatan dimaksud akan melibatkan sejumlah pekerja seni dan budayawan lokal yang ada di Kab. Lampura dan Prov. Lampung.

“Titik tekan dalam kegiatan ini adalah mengolaborasikan potensi budaya lokal dengan dinamika politik. Wujud demokrasi politik harus dikemas dengan nilai luhur yang terkandung dalam tradisi kebudayaan lokal yang terus berkembang sehingga akan tumbuh wujud kemajemukan demokrasi dengan mengedepankan etika persaudaraan,” urai Mad Akhir.

Diungkapkannya, berbagai mata rantai kegiatan sudah disusun. “Dalam kegiatan ini, KPU Kab. Lampura akan menyelenggarakan Lomba Pidato Demokrasi yang diperuntukkan bagi peserta dengan katagori usia 17-25 tahun. Hal ini sebagai representasi dari peningkatan partisipasi pemilih pemula,” ujarnya.

Selain itu, tambah Mad Akhir, pihaknya juga akan melaksanakan Lomba Cipta Maskot Pilkada Lampura 2018 serta beragam kegiatan gelar seni dan budaya. “Untuk info lebih lanjut, masyarakat Lampura diperkenankan mendapatkan informasi di Sekretariat KPU Kab. Lampura pada jam kerja,” kata Mad Akhir.

Sementara itu, dijelaskan anggota Komisioner KPU Kab. Lampura, Aprizal Ria, saat ini pihaknya telah menjalankan sejumlah tahapan terkait Pilgub Lampung dan Pilbup Lampura.

“KPU Kabupaten Lampura sudah memulai pendaftaran calon bupati dan wakil bupati melalui jalur independent sejak tanggal 24 November 2017,” jelas Aprizal Ria, kepada hariansumatera.com, Rabu, (29/11), di ruang kerjanya.

Lebih lanjut dikatakan Aprizal, diagendakan pada hari ini, Rabu, (29/11) tepat pukul 24.00 WIB malam nanti, pendaftaran calon independent akan ditutup. (efri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com