Kontingen Penas Way Kanan Dilepas Bupati

Bagikan
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  

Way Kanan (HS0 – Bupati Hi. Raden Adipati Surya.S.H. M.M mengungkapkan Sesuai Perpres No 32 tahun 2011 tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025 disebutkan bahwa tantangan ke depan pembangunan ekonomi Indonesia tidaklah mudah untuk diselesaikan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati yang akrab disapa Adipati itu dihadapan ratusan elemen masyarakat pada  kegiatan Panen Raya Padi Sawah Musim Tanam tahun 2017 dan pelepasan Kontingen Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan dan Petani Hutan Kabupaten Way Kanan di Kampung Rantau Temiang Kecamatan Banjit, Rabu (03/5).

Dikatakannya, dari sejumlah kesepakatan yang dibangun bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan secara interaktif dan partisipatif, fokus dari pengembangan MP3EI ini diletakkan pada 8 (delapan) program utama, yaitu pertanian, pertambangan, energi, industri, kelautan, pariwisata, dan telematika, serta pengembangan kawasan strategis yang terdiri dari 22 kegiatan ekonomi utama, di antaranya adalah pertanian pangan.

“Untuk mencapai tujuan itu kita masih menghadapi beberapa kendala antara lain produktivitas lahan yang belum optimal akibat penerapan teknologi yang belum maksimal, penggunaan benih bermutu varietas unggul yang masih rendah, tingkat kehilangan hasil masih tinggi akibat penanganan pasca panen yang masih tradisional, serta dukungan sarana dan prasarana yang masih belum memadai,” Terang Bupati yang juga Alumni Kehromatan IPDN Jatinangor itu.

Raden Adipati Surya melanjutkan, Untuk mengatasi kendala dalam penyediaan sarana produksi dan pemasaran hasil, Pemerintah mengharapkan adanya jalinan kerjasama antara Petani dengan pihak swasta yang saling menguntungkan secara berkelanjutan sehingga petani memperoleh kepastian dalam berusaha tani dan pemasaran hasil.

Panen raya yang juga di ikuti oleh, jajaran Forkompimda, para pejabat dari Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Way Kanan itu, Raden Adipati Surya mengharapkan Melalui panen raya tersebut  dapat menambah motivasi  para petani untuk lebih meningkatkan baik luas tanam maupun hasil panen padi per hektar.

Usai Panen Raya Padi Sawah Musim Tanam tahun 2017 itu, Bupati Raden Adipati Surya mengadakan Audiensi dengan Kelompok Tani Nelayan Andalan Kabupaten Way Kanan. (MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com