Kemana Larinya Dana Hibah Program Agrobisnis Desa Wonomarto Lampura?

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Dana Hibah bergulir Program Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan (PUAP) tahun anggaran 2015 senilai Rp.100 juta yang di kucurkan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara, yang menaungi sepuluh kelompok tani desa setempat tidak jelas keberadaannya serta diduga kuat diselewengkan oleh oknum ketua gapoktan demi kepentingan pribadi.

Menurut keterangan Ketua kelompok tani Dewi Sri desa Wononomerto, Pardi mengatakan pihaknya hanya mendapatkan bantuan hibah bergulir itu hanya satu kali dan dikembalikan. Setelah itu, dana hibah tersebut tidak pernah digulirkan lagi kepada kami selaku kelompok tani.

” Ya mas kalau kelompok saya hanya dapat 1 kali saja sebesar Rp10juta dan sudah dikembalikan, tapi tidak tau kalau kelompok yang lainnya, ” Kata dia.

Oknum ketua Gapoktan Desa Wonomarto, M. Sahmin, Ketika dikonfirmasi via sambungan telpon Minggu (2/08/20) siang, mengelak bila sekiranya dana tersebut telah di salah gunakan atau mengendap di kantong pribadinya, bahkan terkesan menutupi serta berbelit-belit.

Ia mengatakan bahwa dana hibah bergulir PUAP tersebut digulirkan, hal demikian tidak benar bila dana tersebut disalahgunakan oleh dirinya, Dana tersebut di bagikan ke 10 kelompok. Namun akan tetapi karena itu dana bergulir makanya telah dikembalikan ke Dinas Pertanian Lampung Utara pada tahun 2016.

” Dana bergulir itu dikembalikan kepada dinas pertanian dan yang menerima dana itu orangnya sudah wafat. Jadi dana itu bukan tahun 2017 mas melainkan 2016, ” Kilahnya.

Ketika ditanya kembali apakah dana hibah bergulir itu tahun anggaran 2017, M Sahmin menjawab dengan nada yang grogi bahwa dana hibah bergulir tersebut bukan tahun 2017, tapi Dana hibah tahun 2015.

” Ya benar Hibah bergulir Anggaran tahun 2015, ” Ungkapnya dengan nada yang lesu seraya akan menemui kadis pertanian, sopyan.

Sementara menurut Kepala Desa Wonomerto, Waskito mengatakan dirinya selaku pemerintah desa akan mengumpul kelompok tani se-desa wonomerto dan akan melakukan musyawarah untuk menyikapi isu gapoktan yang berkembang agar tidak menjadi fitnah ditengah masyarakat khusus kelompok tani yang ada disini.

Menurut dia, Dalam hal ini, kelompok dulu pernah beberapa kali mengadu terkait hilang dana gapoktan tersebut.

” Ya beberapa kali kelompok tani menannyakan dan mengadu tentang dana puap tersebut kok tidak digulirkan kembali, ” terangnya.

Ia menambahkan bila dana hibah bergulir itu hilang, mengendap atau dikembalikan ke dinas pertanian harus memberikan laporan terlebih dahulu ke pemerintah desa.

” Tapi, hingga saat ini tidak pernah ada laporan kepemerintah desa terkait pengembalian dana tersebut, ” Terangnya.

Disisi lainnya, Ketua Gapoktan M. Sahmin di duga membuat keterangan palsu. Pasalnya Ketika di konfirmasi awak media kepada Kepala Dinas Pertanian, diwakili PPL Susilo, Senin (3/8/2020) terkait dana hibah bergulir PUAP telah dikembalikan kedinas pertanian, Ia menyampaikan bahwa keterangan Ketua Gapoktan M. Sahmin Dana Hibah Bergulir tahun 2015 sudah sempat digulirkan kekelompak, dan 100 persen telah dikembalikan oleh kelampok gapoktan dan dana itu masih ada di kas ketua gapoktan.

” Dana hibah itu sidah dikembalikan kelompak dan dana tersebut masih ada dikas, Ketua Gapoktan bingung untuk membuat kegiatan kembali,” Kata susilo menirukan bahasa Ketua Gapoktan M.Sahmin.

Dijelaskannya, Bersangkutan ( M.sahmin) berjanji dana hibah bergulir itu akan digulirkan kepada kelompak gapoktam ditahun 2021.

“Dia (M.Sahmin) berjanji akan menggulirkan dana itu tahun 2021, ” Ucap dia.

Ia menambahkan, sudah lama kelompok gapoktan mempertanyakan keberadaan dana hiba bergulir tersebut. Namun sampai sekarang belum ada kejelasan akhirnya mencuat kepermukaan.

” Pada intinya, dana itu masih ada dikas ketua gapoktan dan akan digulirkan pada tahun 2021, ” Tegasnya. (efri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com