Kasipers Korem 043/Gatam Ikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke 71 Tahun 2019

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bandar Lampung (HS) – Kepala Seksi Personil Korem 043/Garuda Hitam Letnan Kolonel Inf Triwidarbo, mewakili Komandan Korem 043/Gatam mengikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke 71 Tahun 2019, bersama jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, kamis (19/12) pkl.08.00 WIB bertempat di Lapangan Korpri Pemprov.Lampung Jl.Wolter Monginsidi Kel.Talang Kec.Teluk Betung Utara.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung, Irwan S. Marpaung, memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-71 Tahun 2019, yang dihadiri Pejabat Pemerintahan Provinsi Lampung dan unsur Forkopimda Provinsi Lampung, upacara dimulai dengan mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Bela Negara.

Pada peringatan hari Bela Negara yang ke 71 tahun 2019, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung, Irwan S. Marpaung, membacakan amanat bela negara dari Presiden RI Joko Widodo.

“Alhamdulillah Puji Syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat rahmat-Nya kita semua dapat kembali memperingati Hari Bela Negara yang ke-71 pada tahun ini. Semenjak Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukittinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul- menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya,”

“Dewasa ini, kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI “.

Lebih Lanjut Presiden dalam amanatnya yang disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra “Sejalan dengan itu, pada tahun 2018 saya telah menginstruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran Kementerian / Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia, aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai- nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur “.

“Ke depannya, kita semua mengharapkan agar Aksi Nasional Bela Negara di segenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematis dan massif dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya, dengan demikian, bagi yang berbakti dalam birokrasi Pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita,“ jelas Irwan S. Marpaung. (San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com