Joe Biden, Resmi Presiden Amerika Serikat ke 46

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Washington DC – Akhirnya Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46. Biden menyampaikan harapannya tentang masa depan AS dalam pidato pertamanya.

Dilansir CNN, Kamis (21/1/2021) pelantikan Biden digelar di West Front Gedung Capitol AS di Washington DC, dimulai pada Rabu (20/1) pukul 11.30 waktu setempat. Pembatasan sesuai protokol pandemi virus Corona (COVID-19) diberlakukan selama pelantikan berlangsung.

Biden diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung AS dan hakim agung John Roberts, sambil meletakkan tangannya di atas Alkitab berusia lebih dari 100 tahun milik keluarganya, yang dipegang oleh istrinya, Jill.

“Saya, Joseph Robinette Biden Jr, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan secara setia menjalankan jabatan Presiden Amerika Serikat sesuai kemampuan terbaik saya, untuk mempertahankan konstitusi Amerika Serikat. Tuhan, tolong saya,” ucap Biden saat mengucapkan sumpah jabatannya.

Usai mengucapkan sumpah jabatannya, Biden menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden AS. Berikut ini poin penting dalam pidato perdana Presiden Biden:

Biden menyebut hari pelantikannya ini sebagai hari kemenangan demokrasi.

“Tamu terhormat saya, rekan sesama warga Amerika, ini adalah harinya Amerika,” kata Biden dalam pidatonya, seperti dilansir CNN, Rabu (20/1/2021).

Biden berjanji akan menyatukan AS yang kini terpecah-belah.

“Hari ini, di hari Januari ini, segenap jiwa saya ada di sini: Menyatukan Amerika, menyatukan rakyat kita, mempersatukan bangsa kita,” ungkap Biden.

Biden mengimbau warga AS untuk bersama-sama mengatasi tantangan luar biasa yang dihadapi AS saat ini.

“Untuk mengatasi tantangan ini, untuk memulihkan jiwa dan mengamankan masa depan Amerika membutuhkan lebih dari sekadar kata-kata dan membutuhkan hal yang paling sulit dipahami dalam demokrasi, persatuan,” ungkap Biden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com