Hingga Batas Akhir, Pilkada Lampura Tanpa Calon Independen

Bagikan
  • 15
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Terkait batas waktu akhir tahapan pencalonan perseorangan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara secara resmi menyatakan tidak ada bakal calon independen atau perseorangan.

Dalam penyampaian penutupan tahapan pengembalian berkas pendaftaran calon perseorangan, Komisioner KPU Lampura, Aprizal Ria didampingi Mad Akhir dan Tedi Yunada, pada Rabu malam, (29/11), pukul 24.00 WIB, di aula Sekretariat KPU Kab. Lampura, yang dihadiri anggota Panwaslu Kab. Lampura, Agus Romdani dan Maksum; pihak Polres Lampura serta beberapa awak media.

Dikatakan Komisioner KPU Kab. Lampura, Aprizal Ria, pihaknya telah melaksanakan tahapan pengumuman pendaftaran bakal calon perseorangan sejak tanggal 09-23 November 2017 yang dilanjutkan dengan tahapan penyampaian berkas dukungan bakal calon perseorangan sejak tanggal 25-29 November 2017.

“Dengan demikian, KPU Kab. Lampura telah menjalankan seluruh proses tahapan dimaksud tanpa adanya hambatan,” ujar Aprizal Ria, tadi malam, dihadapan sejumlah awak media dan pihak terkait lainnya.

Dijelaskannya, tidak adanya calon perseorangan yang ‘terjaring’ guna mengikuti bursa kontestasi Pilkada Lampura 2018 mendatang bukan disebabkan kurangnya sosialisasi maupun publikasi publik terhadap proses tahapan dimaksud.

“Esensinya, kami tidak mengetahui apa yang menjadikan alasan jalur perseorangan bukanlah alternatif pilihan para kandidat bakal calon dal Pilbup Lampura 2018 mendatang,” ujar Aprizal, saat menjawab pertanyaan awak media.

Dalam hal sosialisasi dan publikasi publik, ungkap Aprizal, pihaknya telah menyampaikan hal tersebut sejak 6 (enam) bulan yang lalu.

“Bahkan diluar tahapan yang ditentukan, kami juga menyosialisasikan hal ini kepada seluruh stakeholder yang berkepentingan,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Komisioner KPU Lampura, Aprizal Ria, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) untuk penyelenggara tingkat kecamatan dan desa (PPK dan PPS).

“Dalam Bimtek ini akan dijabarkan tugas pokok dan fungsi penyelenggara tingkat kecamatan dan desa, penguatan kelembagaan, serta penyampaian kode etik penyelenggara,” ujar Aprizal.

Setelah penyampaian penutupan tahapan pengembalian berkas dukungan bakal calon perseorangan dilaksanakan, Komisioner KPU Lampura menandatangani berita acara proses tahapan dimaksud yang disaksikan anggota Panwaslu Kab. Lampura serta pihak terkait lainnya. (efri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com