Gerbang Desa: Desa Mulangmaya Kotabumi Fokus Drainase

Bagikan
  • 109
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) yang dicetuskan Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, pada prinsipnya merupakan sebuah gerakan yang mengoptimalkan potensi desa, baik potensi sumber daya alam maupun potensi sumber daya manusia.

Dalam hal melaksanakan program Gerbang Desa di tahun 2017 ini, Desa Mulangmaya, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, menitikberatkan pada pembangunan drainase.

Dikatakan Kepala Desa Mulangmaya, Alwan, sejak tahun pertama digulirkannya bantuan program Gerbang Desa oleh Pemprov Lampung, Desa Mulangmaya senantiasa mendapatkan kucuran program dimaksud.

“Desa Mulangmaya sejak tahun 2015 lalu selalu mendapatkan bantuan Program Gerbang Desa. Dalam program ini, masyarakat dilibatkan secara aktif guna menentukan kebijakan dan pembangunan di desa secara swadaya,” ujar Kades Mulangmaya, Alwan, kepada wartawan, Selasa, (28/11), di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, pada tahun 2017 ini pelaksanaan Program Gerbang Desa di Desa Mulangmaya meliputi pembuatan drainase sepanjang 745 meter yang dilaksanakan di 3 dusun.

“Hasil dari kemufakatan warga desa yang tertuang dalam RKPDesa 2017, skala prioritas pembangunan melalui Program Gerbang Desa ditekankan pada pekerjaan drainase di tiga dusun, yakni Dusun VI sepanjang 300 m, Dusun XV sepanjang 250 m, serta Dusun XIII sepanjang 195 m dengan total pagu anggaran senilai Rp 240 juta,” jelas Alwan.

Dengan begitu, tambah Alwan, Indikator Ketertinggalan Desa (IKD) Desa Mulangmaya Kecamatan Kotabumi Selatan tercatat tersisa sembilan indikator dari semula tercatat 29 IKD. (efri)

 

hs-krs-22.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com