Enam Orang Reaktif Hasil Rapid Tes Dipasar Kota Agung

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Hasil Rapid Test yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanggamus dipasar tradisional Kota Agung, terdapat enam orang reaktif, Kamis (04/06/2020).

Taman Prasi Sekretaris Diskes Tanggamus menyampaikan, pelaksanaan kegiatan Rapid Tes dilakukan secara massal terhadap pedagang dan pengunjung yang beraktivitas di Pasar Kota Agung. Dari 114 orang yang dilakukan Rapid Tes terdapat enam orang yang hasilnya reaktif, selanjutnya akan dilakukan pengambilan sampel swab untuk tes PCR, kata Prasi.

Keenam orang yang hasilnya reaktif akan diambil sampel swab di Puskesmas Kota Agung, selanjutnya sampel akan dikirimkan ke Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung.

Keenam warga yang reaktif merupakan pedagang dan sekarang sudah diminta untuk ikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah dan mereka dalam kondisi sehat tanpa ada keluhan apa pun.

“Mereka hanya reaktif saja, belum pasti positif, nanti tunggu hasil uji laboratorium. Dan kalau bisa isolasi mandiri dulu,” ucapnya.

Ia mengaku kepada enam orang itu sudah diberi edukasi tentang Covid-19, dan mereka sudah mengerti, seperti pakai masker, jaga jarak dan kalau bisa isolasi mandiri.

Selanjutnya tim medis akan melakukan pemantauan sampai keluar hasil PCR-nya. Apabila hasilnya positif maka dilakukan penanganan lanjutan.

Rapid tes Covid-19 secara massal akan dilakukan ke beberapa pasar lainnya di Tanggamus, seperti Pasar Talang Padang dan Pasar Gisting pada pekan depan.

“Sasaran rapid diutamakan para pedagang dan orang yang beraktivitas perdagangan yang sering keluar masuk antar daerah.” Imbuhnya

Selanjutnya bagi para pedagang di pasar dan masyarakat yang belanja di pasar diharuskan pakai masker dan jaga jarak, Dan hindari kerumunan.

Untuk penutupan pasar, Prasi mengaku “hal itu akan dibahas bersama, Kabupaten kondisi ke depan. Untuk itu imbauanya orang yang beraktivitas dan belanja di pasar ikuti protokol kesehatan”. Pungkasnya(*/ Riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com