Dinkes Tanggamus Lakukan Rapid Tes Masal Di Pasar Kota Agung

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanggamus melakukan Rapid Tes masal di Pasar Kota Agung, Kamis (04/06/2020).

Sasaran Rapid Tes adalah para pedagang dan pengunjung berusia lanjut dan memiliki gejala. Rapid Tes tersebut dipantau langsung oleh Bupati Tanggamus Dewi Handajani sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Hi. AM Syafi’i dan jajaran Forkompinda. Berdasarkan pantauan terlihat petugas dari Dinkes Tanggamus dan UPT Puskesmas Kota Agung berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, sebelum melakukan Rapid Tes petugas terlebih dahulu melakukan cek suhu tubuh dan wawancara. Jika suhu tubuh tinggi diatas 37 derajat dan terdapat gejala seperti batuk, demam serta melakukan perjalanan ke daerah terkontaminasi Covid-19 maka langsung dilakukan Rapid Tes.

“Rapid Tes ini dilakukan sebagai upaya kita untuk memantau dan mengendalikan Covid-19, mudah-mudahan hasil Rapid Tes ini hasil nya non reaktif,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, alasan dilakukan Rapid Tes masal di pasar karena tidak menutup kemungkinan pasar menjadi klaster baru Penyebaran virus Covid-19. Setelah Kota Agung, Senin depan akan dilakukan juga Rapid Tes masal di pasar Talang Padang. Harapannya pedagang maupun pengunjung pasar memberikan keterangan secara jujur sehingga kita dapat memutus mata rantai Penyebaran Covid-19, kata Bupati.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, bahwa yang dilakukan Rapid Tes sebanyak 100 orang, difokuskan kepada pedagang maupun pengunjung berusia lanjut serta memiliki gejala. ” yang dilakukan pemeriksaan lebih dari 100 orang namun yang dilakukan Rapid Tes hanya 100 orang, hasilnya hari ini juga dapat diketahui, kata Kadis Kesehatan.

Sebelumnya dilaksanakan Apel Kesiagaan terkait Pendisiplinan Masyarakat sesuai Protokol Kesehatan di Lapangan Merdeka dengan Pembina Apel Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani yang dihadiri Wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i, Forkofimda Plus, Seketaris Daerah, seluruh Ka. OPD dan semua unsur TNI – Polri, Sat Pol PP, Dishub dan Tenaga Kesehatan. (*/Meg).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com