Dinas PMD Tanggamus Selenggarakan Bursa Inovasi Desa

Bagikan
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotaagung (HS), – Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Acara Bursa Inovasi Desa pada tanggal 13 September 2018 bertempat di halaman Masjid Islamic Center Kotaagung.

Sambutan oleh Masrun (ketua Forum Bursa Inovasi Desa)
” Ini suatu program dari kemendes/ program nasional. Diadakannya kegiatan ini utk menjembatani kebutuhan desa/pekon dan sebagai akar solusi untuk menyelesaikan masalah serta salah satu alternatif kegiatan di pekon dalam rangka pembangunan pekon yg lebih efektif dan inovatif,” ujarnya.

Tujuan utama BID ( Bursa Inovasi Desa ) adalah Untuk mendesiminasikan bagian formasi pokok2 program BID dan hibah dana desa, dan menginformasikan kegiatan rencana penyelenggaraan inovasi desa kepada pemangku Tingkat kabupaten, kecamatan, dan pekon di Kabupaten Tanggamus, menginformasikan pelaku yang terlibat dalam pengetahuan dan inovasi pekon di tingkat kabupaten. Serta memperkenalkan inisiatif dan inovasi masyarakat yang berkembang di pekon-pekon dalam penyelesaian masalah dan mendukung peningkatan kualitas pembangunan yang ada selama ini, menjalin komitmen pemerintah pekon untuk mengadopsi atau mereplikasikan inovasi yg di peroleh dari kegiatan Bursa Inovasi Desa ini, Sebagai ruang konsultasi bagi pekon-pekon atau penyediaan layanan teknis.

Acara tersebut di buka oleh Bapak Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin, dalam sambutannya disampaikan bahwa Seluruh elemen aparat pemerintahan khususnya di pekon, di kecamatan, dan di pemerintah daerah untuk bisa memanfaatkan forum ini dengan sebaik-baiknya,” forum ini sebagai forum silaturahmi, media pembelajaran, bagaimana hasil-hasil dari inovasi yang di kembangkan dengan dana desa tersebut bisa saling di adopsi antar pekon. Karena dana desa ini adalah dana yang cukup besar di gulirkan pemerintah semata-mata untuk mempercepat pembangunan di pekon. Untuk di ketahui bahwa pekon adalah ujung tombak pembangunan yang ada di tingkat nasional. Diharapkan dana desa ini dapat dimanfaatkan secara sinergi antara kepala pekon, camat, BHP, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat yang ada diTanggamus ini,” ujar Zainal Abidin. (Sul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com