Bupati Dewi Handajani Bersama Dekranasda Kunjungi Sentra Pengrajin Tapis

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sunberejo (HS) – Pengrajin Tenun Tapis dan Batik dipekon Margodadi kecamatan Sumberejo, yang berdiri sejak lama ini, mendapat kunjungan Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dan Ketua Dekranasda Tanggamus Nur’aini Hamid Lubis, Rabu (04/03/2020).

Hendri Dunan pemilik usaha kerajinan Tenun Tapis, mendapat arahan dari Bupati Tanggamus agar dapat membawa nama baik Tanggamus baik di daerah maupun luar daerah. Mengingat kain Tapis mempunyai harga jual yang tinggi, dan yang menjadi salah satu ciri khas Kain Tapis Tanggamus, dengan motif belah ketupatnya.

Hj. Dewi Handajani Bupati Tanggamus dalam kesempatannya menyampaikan arahan dan masukan kepada pengrajin agar terus menekuni kerajinan yang dilakukan, untuk memajukan Tapis Tanggamus.

“Saya berharap, supaya setiap rumah bisa diajarkan menenun dan terus diwariskan, serta bisa dibantu permodalan dan pemasarannya. Tenun Tapis Tanggamus juga harus beda dari tenun daerah yang lain dan dapat dipasarkan pada pasar modern, serta ditampilkan dalam Even Lampung Craft,” kata Bupati.

Lanjutnya, Bunda Dewi sapaan akrabnya yang juga sebagai Pembina Dekranasda Tanggamus ini, berharap agar Tenun Tapis yang ada di Kabupaten Tanggamus dapat berlomba dikancah internasional dan membawa nama baik Kabupaten Tanggamus.

Memiliki sebuah kampung sentra, dengan salah satu motif belah ketupat menjadi impian Bupati di Kabupaten Tanggamus ini.

“Dibuat Gapura, SDM nya dikembangkan, agar bisa membuat benang sutera. SDM nya juga akan terus kita upgrade,” tandas Bupati.

Sementara Ketua Dekranasda Nur’aini Hamid Lubis mengatakan, dengan menekuni kerajinan Tenun Tapis secara serius maka akan membuahkan hasil yang baik.

“Tenun Tapis yang ada di Kabupaten Tanggamus, dapat menghasilkan kerajinan Tapis yang lebih indah dan baik dari daerah lain. Ia menjelaskan bahwa kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Roadshow Pembinaan terhadap pengrajin Tapis dan Tenun yang ada di Kabupaten Tanggamus “, pungkas Nur’aini. (Riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com