BPBD Mesuji Siaga Hadapi Bencana

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mesuji – Banjir yang melanda beberapa kabupaten/kota di Provinsi Lampung akhir-akhir ini akibat curah hujan yang sangat tinggi. Nampaknya membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mesuji ambil langkah cepat.

Bahkan BPBD Mesuji telah melakukan berbagai persiapan serta antisipasi. Hal ini tidak lain karena Kabupaten Mesuji juga salah satu daerah rawan banjir saat ini.

Kepala BPBD Mesuji Syahril S menjelaskan, banjir yang melanda beberapa daerah di Provinsi Lampung memang cukup menjadi perhatian serius oleh semua pihak termasuk Pemkab Mesuji. Karena Kabupaten Mesuji juga salah satu daerah yang rawan banjir.

“Memang banjir yang terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini menjadi perhatian serius semua pihak termasuk di Kabupaten Mesuji. Sebab, Kabupaten Mesuji memiliki beberapa titik daerah yang memang rentan diterjang banjir,” paparnya, Jumat 24/02/17.

Dikatakan Syahril, banjir yang terjadi memang tidak dapat dicegah. Karena banjir merupakan bencana alam. Namun meskipun begitu banjir dapat diantisipasi dengan berbagai cara.

“Kita harapkan masyarakat dapat mengantisipasi serta mewaspadai hal itu. Karena bencana alam dapat terjadi kapan dan di mana saja,” unjarnya kepada media ini.

Pencegahan lanjut Syahril, yang harus dapat dilakukan masyarakat yakni tidak membuang sampah sembarangan serta melakukan peremajaan tanam tumbuh disekitar aliran sungai serta membersihkan saluran primer dan skunder.

“Banjir yang terjadi diberbagai titik memang menjadi kendala namun kita tetap akan berupaya maksimal melakukan pencegahan. Selain itu juga kita meminta agar masyarakat dapat waspada terhadap curah hujan yang tinggi saat ini. Karena banjir dapat datang kapan saja,” tegasnya.

Sementara saat ditanya apa saja persiapan BPBD dalam menanggulangi bila ada bencana banjir di Kabupaten Mesuji, dengan tegas Syahril mengatakan, untuk penanggulangan banjir tentunya kita selalu siap siaga kapanpun dibutuhkan.

“Kapanpun bila ada bencana yang melanda kita selalu siap. Meskipun peralatan kita masih belum sepenuhnya menanggulanginya. Tetapi yang jelas BPBD akan siap kapan saja termasuk persedian makanan siap saja juga sudah stand by,” bebernya.

Tetapi yang jelas, kita berharap agar bencana alam baik itu banjir dan sebagainya tidak terjadi di Bumi. Serasan Segawe ini. Dan kita juga berharap kepada masyarakat Mesuji khususnya yang berada disepanjang aliran sungai Mesuji dapat selalu mewaspadainya karena kapan saja waktunya dapat terjadi.

Masyarakat yang berada di aliran sungai Mesuji diharapkan dapat selalu waspada karena bencana banjir dapat kapan saja terjadi. Untuk itu jangan lenggah meskipun banjir sudah biasa dihadapi. Namun kita juga tidak tahu bencana alam yang terjadi,” tutupnya.

Hendriza

/IMG-20210331-WA0003_copy_640x513.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com